-->
    |

Tiga Prioritas Utama DBHP Tahun 2020, Ini Kata Kabid Pemdes DPMD Purwakarta


Keterangan foto : Kabid Pemdes DPMD Purwakarta, Hilman Nugraha

DINAMIKAJABAR.COM | PURWAKARTA -DBHP (Dana Bagi Hasil Pajak dan Retribusi) adalah kewajiban menurut Undang Undang bahwa 10 persen harus di alokasikan kepada Desa oleh Pemerintah Kabupaten.

"Besarannya itu berpariatip antara satu Desa dengan Desa lainnya," ujar Kabid Pemdes DPMD Purwakarta, Hilman Nugraha ketika di temui awak media, kamis (15/10)

Untuk  Pengelolaan Administrasi Desa  itu jelas tergantung kepada realisasi dari Pajak dan Retribusi dari masing masing Desa itu yang berpengaruh terhadap besaran dari masing masing Desa.

"Ada tiga  prioritas utama DBHP tahun 2020  yaitu Pengelolaan Administrasi Desa kemudian  Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa dan yang terakhir Pengelolaan Sampah Mandiri Pedesaan "ungkapnya

Pengelolaan Administrasi Desa, sambung Hilman, itu diperuntukan untuk urusan terkait dengan kebutuhan operasional Pemerintahan Desa. 

"Operasional Pemerintahan Desa salah satunya seperti insentif Kepala Desa selaku  PKPKD (Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Desa ), kemudian sekdes dan bendahara selaku PPKD (Pelaksana Pengelola Keuangan Desa)," ucapnya

Lanjutnya, bahwa DBHP sudah disosialisasikan kepada Pemerintahan Desa, Pendamping, Kecamatan, jadi regulasi ini harus di pahami, sekarang ini dalam proses penyusunan Proposal 

"Mekanisme permohonan pencairan harus melalui pengajuan proposal DBHP. Proposal ini harus selesai minggu depan, karena ada proses kelanjutannya," pungkas Hilman (Dodi jabrig)
Komentar Anda

Berita Terkini