-->
    |

Sukseskan Ketahanan Pangan Koramil 1905/Jatiluhur Buat Kolam Plastik Sebagai Percontohan



DINAMIKAJABAR.COM | PURWAKARTA
- Memanfaatkan Bios 44 untuk mensukseskan gerakan ketahanan pangan masyarakat ditengah pandemi. Koramil 1905/Jatiluhur membuat dua buah Bioflok atau kolam plastik sebagai percontohan kepada masyarakat untuk bisa membudidayakan ikan air tawar dengan teknik Bioflok di pekarangan rumah.

Seperti diketahui, cairan Bios 44 temuan TNI yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas di lahan pertanian dan perikanan ini, terus dikembangkan oleh Kodim 0619/Purwakarta melalui jajaran Koramil sebagai pendukung program gerakan ketahanan pangan masyarakat di wilayahnya.

Untuk dijadikan percontohan, dalam dua buah Bioflok seluas 2 x 4 meter di halaman belakang kantor Koramil Jatiluhur ini, setiap Biofloknya telah ditebar benih jenis ikan patin dengan usia tanam 58 hari berukuran 12cm, namun hanya satu buah Bioflok saja yang diberi cairan Bios 44.

"Dari dua kolam ini hanya satu kolam yang diberi cairan Bios 44, hal itu dilakukan sebagai percontohan atau perbandingan kepada masyarakat, tentang perbedaan hasil dari membudidaya ikan dengan menggunakan cairan Bios 44 dengan yang tidak menggunakan cairan Bios 44 sama sekali," kata Danramil 1905/Jatiluhur Kapten Inf Gunawan, Selasa (13/10/2020)

Danramil mengatakan, pengenalan Bios 44 dalam bidang budidaya ikan air tawar kali ini adalah sebagian upaya dalam memberdayakan masyarakat ditengah pandemi. Selain bidang perikanan. Danramil menyebutkan, dalam rangka mensukseskan program ketahanan pangan ditengah pandemi dengan memanfaatkan formulasi Bios 44 ini akan terus dikembangkan di lahan, perkebunan sayur mayur dan pesawahan.

"Yang menjadi harapan kami dalam pembuatan kolam budidaya ikan ini hasilnya dapat menumbuhkan minat masyarakat untuk berani mencoba membuka lahan budidaya ikan ataupun lahan pertanian dibantu dengan Bios 44 agar hasilnya lebih optimal," ungkapnya (Tesyar)
Komentar Anda

Berita Terkini