-->
    |

Jelang HUT TNI, Kasal Inspeksi Kesiapan Operasional Unsur Koarmada I



DINAMIKAJABAR.COM | JAKARTA - 1 Oktober  2020,Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Tentara Nasional Indonesia tahun 2020, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., melaksanakan inspeksi kesiapan unsur-unsur Koarmada I salah satunya mengunjungi  KRI Bung Tomo 357 yang sandar di JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/10/2020).  Kedatangan Kasal diterima langsung Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M. dan Panglima Komando Lintas laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han).

Inspeksi Pemimpin TNI AL  ke unsur-unsur Koarmada I ini merupakan salah satu upaya untuk melihat dari dekat kondisi teknis dan kesiapan operasional KRI dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Kesiapan KRI merupakan faktor utama  TNI AL dalam mengemban tugas menegakkan kedaulatan dan hukum di perairan yurisdiksi Indonesia. Inspeksi ini  juga untuk mengetahui sejauhmana tingkat profesionalisme para ABK KRI dalam menjaga dan memelihara Alutsista.

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yang berada di KRI Bung Tomo-357 meninjau langsung manuver-manuver  beberapa unsur KRI dan pesawat udara di perairan Teluk Jakarta dan Laut Jawa yang menunjukkan kesiapsiagaannya. Manuver lapangan mengerahkan  unsur-unsur antara lain:  KRI Bung Tomo-357,  KRI Cut Nyak Dien-375, KRI Wiratno-379, KRI Halasan-630, KRI Kerambit-627, KRI Tenggiri-865, KRI Cucut-866 dan heli Panther HS-4209 dari Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal). Manuver latihan  yang dilaksanakan  sebagai wujud uji kesiapan operasional personel pengawak dan Alutsista KRI dan Pesawat Udara dalam melaksanakan uji interoperabilitas, fungsi dan komando pengendalian untuk melaksanakan tugas operasi laut yang lebih kompleks.
 
Kasal berharap agar semangat prajurit untuk melaksanakan latihan dan operasi pada situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini harus tetap dipelihara dan tidak boleh menurun. “Latihan dan operasi tetap dilaksanakan dengan penuh semangat dan selalu tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai himbauan pemerintah, karena tugas ini merupakan salah satu wujud pertanggungjawaban kita kepada bangsa dan negara”, ujar Kasal. (Red)
Komentar Anda

Berita Terkini