|

Tahap Awal Pemkab Relokasi 100 Unit Rumah Warga Desa Cemarajaya



KARAWANG, dinamikajabar.com
Bupati Karawang beserta jajaranya mengunjungi Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang dalam rangka relokasi pemukiman warga yang rumahnya terdampak musibah ROB.

Kunjungan Bupati Karawang didampingi Kapolres Karawang 
 AKBP Arif Rachman Arifin Sik MH dan Dandim Karawang LetKol Inf Medi Hariyo Wibowo,M.sc serta stakeholder yang terkait.

Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana menyebutkan pihak pemkab dalam waktu dekat ini akan merelokasikan 100 unit rumah bagi warga Desa Cemarajaya yang rumahnya berada disepanjang pesisir Pantai Pisangan dan rusak akibat musibah Banjir ROB.

Relokasi pemukiman warga Desa Cemarajaya akan dibangun di Dusun Sekong diatas lahan hibah seluas 4000 meter milik pemerintah daerah.
"Tahap awal kita akan merelokasikan 100 unit rumah terlebih dahulu dan selebihnya menyusul kemudian,"ucap bupati kepada awak media di Kantor Desa Cemarajaya,Selasa (9/6/2020).

Dijelaskanya pihak pemkab melaksanakan relokasi ini dilaksanakan secara bertahap mengingat keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh pemerintah daerah. Namun pembangunan rumah warga ini  akan berlanjut sesuai dengan data verifikasi pemukiman warga yang diterjang ROB sebanyak 299 rumah.

Terkait dengan pengamanan sepanjang bibir pantai, pihak pemkab juga akan membangun turap batu sepanjang pesisir Pantai Pisangan agar nanti tidak terjadi lagi bencana ROB ini, namun untuk pembangunan turap batu tersebut sebelumnya akan melakukan rapat kordinasi dengan dinas teknis terkait dan para kepala desa yang wilayahnya berada disepanjang pesisir pantai.
"Kami ingin menangani abrasi ini secara maksimal,"kata bupati.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Desa Cemarajaya Yonglim Supardi terkait kunjungan bupati dan TNI-Polri khendak menyampaikan relokasi pemukiman warga tersebut.

Kades Yonglim mengapresiasi kunjungan bupati dan TNI-Polri merupakan wujud kepedulianya terhadap masyarakat Desa Cemarajaya yang terkena bencana ROB ini.
"Ibu bupati berdialog langsung dengan masyarakat agar persoalan ROB dan abrasi dapat diatasi diwilayah Desa Cemarajaya,"tutur Yonglim.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati, Kapolres dan Dandim Karawang atas bantuanya kepada masyarakat baik moril maupun materil.

Ketua Karang Taruna Desa Cemarajaya Cinseng Gaper  mengaku pihaknya berperan serta dalam membantu masyarakat yang rumahnya terkena musibah ROB.
"Seluruh anggota karang taruna melakukan bersih bersih sepanjang pesisir Pantai Pisangan,"kata Cinseng Gaper.

Sementara Kapolres dan Dandim Karawang memberikan bantuan paket sembako buat warga yang mendapat musibah ROB ini. Rencananya ASN juga akan menyalurkan bantuanya.(BOB)
Komentar Anda

Berita Terkini