-->
    |

Sosialisasi PPDB SMKN 3 Karawang Perhatikan Protokol Kesehatan



KARAWANG, dinamikajabar.com
SMKN 3 Karawang mengadakan sosialisasi tatap muka tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), bertempat di Kantor Desa Kondang Jaya Kecamatan Karawang Timur,Senin (01/06/2020).

Dalam acara sosialisasi tersebut dihadiri kepala desa, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, Tokoh Agama, Karang Taruna, Kepala Dusun,dan petugas RW/RT. Mereka yang hadir memperhatikan protokol kesehatan yaitu seluruh peserta menggunakan masker, jaga jarak dan panitia menyediakan hand sanitizer.

Kepala Sekolah (Plt) SMKN 3 Karawang Drs.Agus Rukmawan.S.IP,MM mengatakan
maksud dan tujuan sosialisasi  ini agar pergub no 37 th 2020 dan Juknis PPDB  No. 422/6246-set Disdik bisa dipahami dan dipedomani utk pelaksanaaan PPDB SMA, SMK, SLB di jawa Barat.

Ia berharap, para siswa/orang tua/ masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas dan peluang sesuai dengan peruntukannya. Hal ini untuk menjaga saling menghormati dan menghargai tanggung jawab masing masing para pihak, sehingga PPDB bisa harmonis sukses tanpa ekses.

Pada kesempatan itu Ketua Panitia PPDB  SMKN 3 Karawang Wiharja, S.Pd menyebutkan penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, dan SLB di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online terbagi dalam dua tahap yaitu masing masing berlangsung pada tanggal 8 Juni - 12 Juni dan 25 Juni - 1 Juli 2020. 
"Ketentuan ini berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB pada SMA, SMK, dan SLB Tahun 2020 di Provinsi Jawa Barat,"ucap Wiharja.

Dijelaskanya, untuk PPDB tahun 2020 tiap jalur pendaftaran memiliki persentase kuota yang berbeda.  Khususnya untuk PPDB di SMK terbagi dalam dua tahap yaitu tahap pertama ada 4 jalur pilihan terdiri dari jalur afirmasi, perpindahan orang tua, prestasi kejuaraan,  unggulan/kelas industri. Sedangkan untuk tahap kedua berdasarkan nilai Prestasi raport umum.

Pendaftaran bagi peserta didik SMP/MTs, lanjutnya pada tahap pertama (8 Juni-12 Juni) untuk jalur  prestasi unggulan kelas industri kuotanya sebanyak 30 persen, prestasi kejuaraan  sebanyak 5 persen, afirmasi KETM sebesar 20 persen dan perpindahan orang tua/anak GTK maksimal 5 persen.

Sedangkan pendaftaran untuk peserta didik SMP/MTs pada tahap kedua (25 Juni s.d 01 Juli) melalui jalur prestasi raport umum tanpa kaliberasi kuota sebanyak 40 persen.
 "Untuk PPDB SMK tidak menerapkan sistem zonasi,"imbuh Wiharja.

Sementara itu pendaftaran PPDB untuk tahap pertama (8 Juni-12 Juni) untuk pelaksanaan uji kompetensi dilaksanakan pada tanggal 15 Juni-17 Juni 2020 (jika darurat covid 19 dicabut). Sedangkan  hasil PPDB pada tahap pertama diumumkan pada tanggal 22 Juni 2020 dan daftar ulang bagi peserta didik baru pada tanggal 23 Juni-24 Juni 2020. 

Kemudian untuk tahap kedua hasil PPDB diumumkan pada tanggal 8 Juli tahun 2020 dan daftar ulang dilaksanakan pada tanggal 9 Juli-10 Juli 2020.  (BOB)
Komentar Anda

Berita Terkini