|

Pemkab Perketat TKA Masuk ke Karawang



KARAWANG, dinamikajabar.com
Pemerintah Kabupaten Karawng mengeluarkan kebijakan bagi tenaga kerja asing (TKA) demi mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayah industri.

Salah satu kebijakannya, memperketat TKA yang akan berkunjung ke Karawang dan pergi ke luar negeri dari Karawang.

"Mau dia pergi sebentar, itu sama saja. Karena virus ini ada incubasinya," tandas Bupati Karawang dr.Hj.Cellica Nurrachadiana usai menggelar rapat dengan manajeman kawasan industri di ruang pusat informasi dan koordinasi Covid-19 Kabupaten Karawang, Senin (16/3/2020).

Diakui bupati, ada ribuan TKA Karawang dan tak jarang mereka hilir mudik ke luar negeri dalam waktu sebentar dan kemudian kembali lagi ke Karawang.

"Nanti akan ada laporan dari mereka. Mereka harus melakukan isolasi diri sendiri. Jadi yang baru dari luar negeri jangan melakukan interaksi terlebih dahulu," ucap bupati.

Menurut bupati, upaya ini akan diberlakukan untuk TKA selama 1 bulan, pengawasan kesehatan akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah. Mereka wajib melaporkan kesehatan di setiap klinik pabrik dan kemudian melaporkan kepada puskesmas.

Pemerintah Kabupaten Karawang juga,kata bupati akan memberikan kelonggaran dengan TKA yang habis izin tinggal. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Imigrasi kelonggaran diberikan selama satu bulan yang izin tinggalnya habis. 

"Tanpa denda, tinggal lampirkan surat dari kebijakan kita. Karena tadi saya sudah berkoordinasi dengan Imigrasi," pungkasnya. (Bob)
Komentar Anda

Berita Terkini