-->
    |

DPRD Karawang Desak Bupati Cellika Buat Bank Sampah



KARAWANG, dinamikajabar.com
Persoalan sampah di Kabupaten Karawang ini tidak kunjung selesai,sehingga menuai polemik dari berbagai kalangan.

Salah satunya Ketua Komisi III DPRD Karawang H.Endang Sodikin  angkat bicara.

Endang Sodikin menegaskan pihaknya sudah menyampaikan kepada Dinas Lingkungan Hidup Karawang(DLHK) jika sampah yang ada di Kabupaten Karawang ini tidak diurai sudah tentu akan menimbulkan persoalan baru. 

"Sebab persoalan sampah kaitanya dengan kehidupan rumah tangga,"tegasnya disela sela kegiatan Balad Lodaya Riung Mungpulung di hotel Swis Belin,Kamis (19/03/2020).

Dijelaskanya merujuk Undang Undang persampahan No.18 Tahun 2007 menyebutkan kaitan dengan persampahan ini sekitar 0,4 sampai dengan 0,6 dikali jumlah penduduk. Misalnya saja jumlah penduduk Karawang mencapai 2 juta, berarti sampah di Kabupaten Karawang sebanyak 1200 ton perharinya.

Diakui Endang Sodikin pihaknya sudah mengingatkan kepada DLHK agar bupati segera membuat surat edaran Bank Sampah,sehingga sampah tersebut dapat diklasifikasikan sortiranya, mana sampah yang termasuk sampah organik, sampah ekonomis dan sampah yang harus didaur ulang secara otomatis berawal dari rumah masing masing.

"Kalau tidak seperti itu persoalan sampah tidak akan selesai,"kata Endang Sodikin.

Menurut Endang Sodikin, sampai hari ini sampah yang terangkut oleh DLHK hanya 300 ton. Sebesar 700 ton lagi yang menjadi pekerjaan rumah buat Pemkab Karawang.

"Dengan adanya bank sampah akan memberi solusi bagi Pemkab Karawang,"pungkasnya. (Bob)
Komentar Anda

Berita Terkini