|

Apel Khusus penekanan virus Covid-19 di Satuan Lanud Suryadarma


Berita Gambar: Anggota Lanud Suryadarma saat mendengarkan amanat Panglima TNI pada Apel Khusus penekanan virus Covid-19 di Satuan Lanud Suryadarma.

SUBANG, dinamikajabar.com
Anggota Lanud Suryadarma melaksanakan apel khusus di masing-masing satuan kerja. Senin (17/2/2020). Kegiatan ini dilaksanakan sejalan dengan status virus corona yang menjadi pandemi oleh WHO serta perkembangan informasi dari pemerintah dan Mabes TNI untuk mensosialisasikan dan antisipasi untuk menekan penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Pada apel khusus tersebut juga dibacakan amanat Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. yang dibacakan oleh masing-masing pimpinan apel di tiap-tiap satker mengatakan pada amanatnya menyampaikan bahwa WHO telah menetapkan Covid-19 sebagai pandemi. Di Indonesia sendiri saat ini telah terdapat 134 pasien positif Covid-19. Terdapat pula Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di beberapa daerah. “Informasi simpang siur yang beredar di media sosial sering kali membuat kita gagal paham dan salah mengambil tindakan, bahkan menjadi paranoid dan latah. Kebiasaan kita untuk menjadi yang pertama tahu ataupun yang pertama posting justru dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi menyesatkan. Hindari menyebarkan berita-berita yang tidak jelas kebenarannya dan membuat resah,” tegas Panglima dalam sambutannya.
 
Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa sebagai prajurit, kita harus membantu Pemerintah dalam memberikan pemahaman yang benar kepada keluarga dan masyarakat di sekitar kita. Langkah sosial distancing harus dilaksanakan secara serempak dan dalam waktu yang cukup untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Kekuatan minimum efektif diharapkan dapat mendukung langkah tersebut, dengan tetap memungkinkan satuan dan organisasi melaksanakan tugas dengan efektif. 

“Kebiasaan hidup sehat harus terus dilakukan disertai dengan kewaspadaan bila mengalami gejala-gejala yang menunjukkan kemungkinan tertular,”imbuh Panglima TNI. 

Covid-19 bukanlah satu-satunya yang harus diwaspadai. Saat ini Demam Berdarah Dengue juga sedang menjangkiti beberapa daerah. Beberapa Pemda telah menyatakan Kejadian Luar Biasa DBD. Dengan musim hujan yang masih berlangsung dan ketidakdisiplinan sebagian masyarakat dalam memelihara lingkungan, ancaman banjir dan tanah longsor juga masih dapat terjadi. TNI juga melaksanakan tugas di wilayah perbatasan dan daerah rawan serta tugas perdamaian dunia di Luar Negeri. Kita juga sedang mempersiapkan perbantuan kepada Polri dalam pengamanan Pilkada Serentak 2020 dan PON XX di Papua. 

 “Untuk itu saya perintahkan setiap satuan untuk mewaspadai kemungkinan pelibatan dalam berbagai tugas yang dapat diberikan setiap saat. Laksanakan terus pembinaan satuan dengan baik, dengan tetap memperhatikan dan menjalankan langkah-langkah yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Pedomani dan laksanakan petunjuk yang telah diberikan Komando Atas, agar tugas dapat berjalan dengan baik dan prajurit serta keluarganya tetap dalam keadaan sehat,” pesan Panglima TNI mengakhiri amanatnya.
Komentar Anda

Berita Terkini