-->
    |

Shinta Nuriyah Wahid Hadiri Perayaan Cap Go Meh di Karawang



KARAWANG, dinamikajabar.com 
Istri mantan Presiden RI ke-4, Shinta Nuriyah Wahid menghadiri perayaan hari ke lima belas tahun baru Cina atau Cap Go Meh dan ruwat bumi 2571 di Vihara Prasada Mahametta, Kabupaten Karawang, Minggu (16/2/2020).

Shinta Nuriyah Wahid mengakui perayaan Cap Go Meh merupakan  tradisi masyarakat etnis Cina yang tercipta dari kreativitas para penganut agamanya.

 "Dilihat dari perspektif sosiologi, cap go meh itu serupa dengan tradisi halal bi halal, seperti mudik di Indonesia. Bersifat dinamis, pada level tradisi bukan aqidah formal agama,” terang Shintia Nuriyah Wahid.

Menurut Shintia Nuriyah Wahid Perayaan Cap Go Meh di Kabupaten Karawang sudah berlangsung sejak 21 tahun silam.

Pada kesempatan yang sama Bupati Karawang dr.Cellica Nurrachadiana menyambut baik kegiatan Cap Go Meh tersebut. 

Menurut bupati banyaknya masyarakat Karawang yang tumpah ruah untuk melihat barongsay hampir dari seluruh pelosok Karawang ini membuktikan bahwa warga Karawang memiliki rasa saling menghargai yang tinggi kepada sesama dan saling menjaga tradisi seperti ini,

Selain itu kata bupati masyarakat Karawang juga metasa terhibur dengan atraksi yang diperlihatkan oleh peserta yang turut memeriahkan Cap Go Meh.

Bupati juga menyambut kedatangan rombongan peserta yang tak hanya berasal dari Karawang, ada dari Jakarta, Bekasi, Bogor , Tangerang dan daerah lain ikut memeriahkan perayaan Cap Go Meh. 

Humas Vihara Prasada Mahametta  Kabupaten Karawang Yaya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Karawang yang telah mendukung sepenuhnya perayaan Cap Gomeh ini.

Sementara acara dihadiri Wakil Bupati Karawang, H. Ahmad Zamakhsyari, serta unsur mspida Kabupaten Karawang.
(Bob)
Komentar Anda

Berita Terkini