|

Pengamalan Tridharma Perguruan Tinggi, Mahasiswa STAI Al-Muhajirin Lakukan GCM



PURWAKARTA, dinamikajabar.com Mahasiswa sebagai agent of social change memiliki kewajiban bukan hanya melaksanakan Pendidikan dan penelitian, lebih daripada itu Mahasiswa memiliki kewajiban melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk pengaplikasian dari Tridharma Perguruan Tinggi.

Oleh karena itu, STAI Al-Muhajirin sebagai lembaga Perguruan Tinggi di Kabupaten Purwakarta memiliki program melaksanakan kegiatan membersihkan tempat ibadah di Wilayah Kabupaten Purwakarta dengan istilah Gerakan Cinta Mesjid.

Kegiatan Gerakan Cinta Mesjid ini dilaksanakan dalam rangka mengawali perkuliahan semester Genap tahun akademik 2019-2020 yang dilaksanakan serentak pada hari kamis, 6 februari 2020 di wilayah kecamatan Wanayasa, Campaka, Jatiluhur, Tegalwaru, Maniis dan Cipeundeuy Bandung Barat.

Ketua STAI Al-Muhajirin Dr. H. Cece, M.Ag dalam sambutan pelepasannya mengatakan bahwa sudah selayaknya ilmu yang didapat di Perguruan Tinggi di aplikasikan langsung kepada masyarakat sebagai pengamalan terhadap Tridharma Perguruan Tinggi.

“Sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang berbasis Pondok Pesantren di Kabupaten Purwakarta, STAI Al-Muhajirin memiliki komitmen dan kewajiban besar memakmurkan tempat Ibadah umat Islam yang selama ini tidak sedikit anak-anak muda lupa dan kurang memiliki kesadaran memakmurkan mesjid, Untuk itu dia berharap dengan dilaksanakan kegiatan Gerakan Cinta Mesjid ini memberi motivasi yang sama dalam menjaga dan merawat mesjid di wilayahnya masing-masing”. Katanya

Mahasiswa sangat antusias melaksanakan program GCM yang telah rutin dilaksanakan dalam mengisi Milad dan Haul Pesantren Al-Muhajirin.

“Program ini sangat bagus dan berguna bagi mahasiswa sebagai pembelajaran untuk terjun langsung di masyarakat, Sehingga ilmu yang di peroleh perguruan tinggi tidak lagi dianggap monoton dan kaku” kata Fahrizal mahasiswa Prodi Perbankan Syariah.

Ust. Eman selaku Ketua DKM Mesjid At-Taqwa Campaka sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Mahasiswa. Dia berharap kegiatan serupa bisa terus dilaksanakan bahkan harus ditingkatkan.

“Alhamdulillah kami terbantu dengan Kegiatan GCM ini mahasiswa dengan sukarela membersihkan Mesjid mulai dari mengepel, mengecat mesjid, membereskan saluran air, menambah ketersediaan Al-Qur’an serta pemberian cindramata” pungkasnya. (Red/Tesyar)

Komentar Anda

Berita Terkini