|

BPN Purwakarta Serahkan Langsung Sertifikat Kepada Warga Di Desa Cilingga



PURWAKARTA, dinamikajabar.com
-Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Purwakarta Jawa Barat melalui petugas BPN yang bertugas di Desa Cilingga Kecamatan Darangdan menyerahkan  sebanyak 200 buku sertipikat  kepada warga Desa Cilingga, Jum'at 07/02/2020 bertempat di Balai Musyawarah Serba Guna Desa Cilingga.

Acara penyerahan sertipikat tanah tersebut di hadiri Pjs Kepala Desa Cilingga Ita Sasmita, Bhabinkamtibmas Desa Cilingga Bripka Rendra, Babinsa Desa Cilingga Serka Dandi Braja, juga dihadiri Panitia PTSL Desa Cilingga, Unsur Perangkat Desa, Unsur Lembaga Desa seDesa Cilingga.

Dadang salah seorang Petugas BPN Kabupaten Purwakarta memberikan arahan kepada penerima sertipikat, bahwa hari kami serahkan 200 buku sertipikat bagi pemohon atau pemilik tanah di areal Desa Cilingga  ketentuan, sertipikat yang kami serahkan  harus diterima langsung oleh atas nama sertipikat, namun apabila pemilik sertipikat tersebut berhalangan hadir, boleh diambil oleh keluarganya atau oleh kenalannya dengan catatan  harus di sertai Surat Kuasa yang di tanda tangani diatas matrai yang 6000.


Penyerahan  sertipikat kali ini kami akan dibantu oleh 3-orang petugas dari BPN yaitu Nanang, Rio dan Gilang.
Kemudian apabila sertipikat sudah di tangan mohon di rawat dan di simpen serapih mungkin, jangan sampai hilang atau  dipinjamkan kepada orang lain takut disalah gunakan "Imbuh Dadang"

Lanjut Dadang
Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) adalah proses pendaftaran tanah yang dilakukan oleh Pemerintah dalam hal ini Badan Pertanahan Nasional (BPN) Purwakarta secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum di daftarkan dalam suatu wilalayah desa.

"Sebab belum adanya jaminan kepastian hukum atas tanah, bahkan  seringkali memicu terjadinya sengketa dan perseteruan atas lahan yang terjadi diberbagai wilayah di Indonesia khusus di Kabupaten Purwakarta, akan tetapi setelah hadirnya progran PTSL warga Purwakarta khususnya warga Desa Cilingga Kecamatan Darangdan tanah miliknya sudah bersertipikat, kekuatan hukumnya ada "Jelas Dadang"

Penjelasan Pjs Kades Cilingga Ita Sasmita bahwa Desa Cilingga baru menerima sertipikat sebanyak 324 bidang dari target 1.100 bidang,  pertama menerima sertipikat pada waktu dilaksanakan  Gempunga di Buruan Urang Lembur, Rabu 09/19/2019 bertempat di buruan Kantor Desa Neglasari sebanyak 124 bidang, sekarang 200 bidang.

Ita Sasmita mengucapkan terimakasih atas hadirnya Progran Presiden Joko Widodo dengan sehingga warga Desa Cilingga sudah memiliki tanah bersertipikat.

"Kemudian kepada warga yang belum keluar sertipikatnya mohon bersabar, dan kepada warga yang sudah menerima sertipikat mohon jangan di salahgunakan. "Pungkasnya"
  *(Bah Endang)*
Komentar Anda

Berita Terkini