|

Satgas Citarum Sektor 19 bersihkan Sungai Cikarang Geulam


KARAWANG - dinamikajabar.com

Satgas Citarum Harum Sektor 19 Sub Sektor 10/Dawuan bersama masyarakat dan aparat Desa lakukan pembersihan di sungai cikarang geulam pada, Kamis (30/01/20).

Pembersihan dilakukan karena akibat dari sampah yang menumpuk menyebabkan beberapa permukiman warga terendam air yang tidak mengalir dengan baik akibat dari penumpukan sampah.

Dalam kegiatan pembersihan tersebut juga hadir, Dandim 0604/Karawang, Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo, Kades Dawuan Tengah,  Jejen Jaenal Arifin, ST, Babinsa Dawuan Tengah, Pelda Karma, serta Komunitas dan Penggiat Lingkungan Kabupaten Karawang.

Sungai Cikarang Geulam sendiri berlokasi di Dusun Karang Geulam, RT/RW 004/009 Desa Dawuan Tengah, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang.


Dalam keterangannya, Kopda Dadang Budi Irawan selaku Dansub Sektor 10/Dawuan mengatakan pembersihan ini berdasar dari keluhan warga yang rumahnya terendam air luapan dari sungai cikarang geulam.

Beberapa pemukiman warga yang terendam air luapan sungai cikarang geulam antara lain, Perum BMI, Kampung Nagasari, Kampung Torojog, Blok Kelapa, dan Rawa Bolang, jelasnya.

Masih kata Dansub Sektor, penyebab terendamnya pemukiman warga karena sampah yang menumpuk dan tersumbatnya saluran gorong - gorong di bawah saluran irigasi, ditambah lagi dengan dibukanya pintu air dari situ kamojing yang masuk ke sungai cikarang geulam.

Penanganan dari satgas Citarum Harum Sektor 19 Sub Sektor 10/Dawuan bersama Dandim 0604/Karawang dan Kades Dawuan Tengah, berkordinasi dengan PJT untuk mendatangkan alat berat Beko untuk mengangkat sampah.

Himbauan kepada masyarakat yang dekat dengan saluran sungai Cikarang Geulam harus saling peduli dan saling menjaga agar tidak ada lagi warga yang membuang sampah ke sungai cikarang geulam, tutupnya.(Rama)
Komentar Anda

Berita Terkini