|

Saluran IPAL PT. ABC President Ditutup Satgas Sektor 18 Karena Diduga Membuang Limbah Berbahaya Ke Sungai Citarum



KARAWANG - dinamikajabar.com

Saluran Instalansi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PT ABC President yang berada di Desa Walahar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang ditutup oleh Satgas Sektor 18 Citarum Harum. Senin (13/1/20).

Penutupan IPAL sendiri bukan tanpa alasan, diduga PT ABC President membuang limbah berbahaya ke sungai Citarum.

Seperti diketahui, tugas Satgas Citarum selain mensosialisasikan program Citarum harum juga menertibkan perusahaan nakal yang membuang limbah berbahaya ke sungai Citarum.


Pantauan dilokasi, Saat penutupan IPAL juga disaksikan langsung oleh Management PT. ABC President, Pemerhati Lingkungan Patroli Sungai dari DLHK Karawang, Pol PP, Babinsa serta Bhabinkamtibmas Walahar.

Dari bak kontrol PT ABC President tersebut  tercium bau yang tidak sedap dan terlihat ada busa- busa dan jika air limbah tersebut terkena kulit bisa menyebabkan gatal- gatal.

Dansektor 18 Kolonel Inf Hernowo Adji mengatakan, penutupan IPAL ini adalah peringatan buat perusahaan-peusahaan lain khususnya yang ada disektor 18.

" kita tindak tegas perusahaan yang nakal yang membuang limbah berbahaya ke sungai Citarum " tegas Dansektor.


Agar tidak terjadi kepada perusahaan lain, kata Dansektor, diharapkan perusahaan tidak membuang limbah berbahaya ke sungai Citarum dan harus memiliki IPAL yang bagus.

Sementara itu, Danki 1 Pelda Trilaksono menyampaikan, penutupan IPAL di PT. ABC President sendiri belum sempurna tertutup karena terkendala derasnya air yang mengalir dari pipa pembuangan.

" Tadi kita belum sempurna menutup IPAL nya, mungkin besok kita coba lagi dengan cara diplat kemudian di las " jelasnya. (Ade)

Komentar Anda

Berita Terkini