|

Pelatihan Menulis Opini Dibuka Ketua Yayasan Al-Muhajirin



PURWAKARTA, dinamikajabar.com BAGAIMANA menulis opini yang baik? Pertanyaan itu muncul dari salah satu peserta Pelatihan Pelatihan Menulis Opini yang dihelat SD Plus 2 Al Muhajirin di Aula Madinah  Jl. Ipik Gandamanah 22 Purwakarta, Sabtu (11/1/2020).

Memang tidak mudah membuat wacana atau opini yang baik, kreatif dan bisa diterima oleh publik. Terlebih bila kita inginkan tulisan berupa opini termuat di media cetak.

“Ada beberapa langkah dalam menulis sebuah opini agar diterima pembaca dan media cetak,” ujar Widy, Seorang Penulis, salah satu pemateri pelatihan di hadapan 80 peserta pelatihan.

Satu, opini bisa dibuka di alinea pembuka dengan kalimat yang bisa memancing pembaca untuk terus membaca. Atau, goda pembaca dengan judul yang menarik.

Kedua, isi opini yang diangkat menjadi tulisan adalah sesuatu yang tengah trend dan banyak menyita perhatian publik.

Ketiga, penutup. Di bagian penutup tulisan opini inilah letak kata kunci opini yang berisi kesimpulan yang bisa menggerakkan opini atau wacana publik dan atau membuat pengambil kebijakan bertindah seperti yang diharapkan si penulis opini.

Menulis opini menjadi menarik tatkala ada wacana yang lagi ramai menjadi perbincangan. Terjadi pro dan kontra. Di sinilah peran serta penulis yang kreatif mencari data-data penunjang untuk bahan argumen di dalam menulis  opini.

Karena opini itu tulisan berupa pendapat, bukan berita atau fiksi, dan tidak ada interview dalam menulis. Rujukan dari pendapat para ahli boleh ditambahkan ke dalam tulisan sebagai penguat argumen.

Mau terus berlatih menulis opini? Akan mengasah otak dan pikiran menuangkan ide-ide menarik yang kreatif serta membuka mata hati kita berpikir objektif tidak subjektif.

Dan peserta akan mengikuti lomba menulis opini dengan tema :  membuka jalan bagi semua peserta untuk terus berkarya. Menulis apa yang dilihat, dibaca dan menuangkannya dengan argumen yang telah disusun dan disiapkan menjadi opini yang baik dan kreatif.

Pelatihan yang dimulai pukul 09.00 hingga 12.00 WIB itu banyak memberikan doorprise dan diakhiri dengan sesi foto bersama. Ayo semangat menulis. (Red/Tesyar)
Komentar Anda

Berita Terkini