-->
    |

Ike Rahmawati Ketua PKK Desa Cikampek timur pemenuhan hak anak bagian dari upaya melindungi anak



KARAWANG, dinamikajabar.com
Ike Rahmawati ketua PKK Desa Cikampek timur yang di dampingi Pengurus PKK Desa Cikampek timur Titi Rahayu setelah menghadiri acara Gerakan #IndonesiaSIAP. Yang bertempat di Green Garden Sport Center Desa Jomin Timur Kecamatan Kotabaru Karawang di hadiri Ketua PKK Kabupaten Karawang Ida Suhida Zamakhsyari dan para pengurus PKK se-kabupaten Karawang,Jum'at 10/01/20.




Ike menyatakan bahwa peran Ibu luar biasa besar untuk pemenuhan gizi anak agar menjadi generasi emas, “Pemenuhan hak anak merupakan bagian dari upaya perlindungan anak termasuk di dalamnya pemenuhan hak gizi untuk tumbuh-kembang. 

Kebijakan dan program pemenuhan hak anak dapat diimplementasikan melalui berbagai macam strategi yang menyasar pada anak secara langsung, keluarga (orangtua), lingkungan, dan wilayah.ucap Ike Rahmawati Istri dari Kamaludin Kepala Desa Cikampek timur.

Saya percaya bahwa gerakan edukasi dan peningkatan keterampilan Ibu merupakan salah satu cara yang bermanfaat agar anak diberikan asupan gizi yang baik untuk mencegah stunting dan menyiapkan generasi emas di masa depan.”

Senada dengan yang disampaikan Ketua PKK Kabupaten Karawang Ida Suhida Zamakhsyari
juga menekankan pentingnya peran orang tua khususnya Ibu dalam upaya pemenuhan gizi lengkap terutama pada dua tahun pertama kehidupan, agar anak bebas stunting, “Setelah masa menyusui, orang tua dianjurkan untuk terus penuhi gizi anak melalui konsumsi makanan bergizi seimbang, ujarnya.




salah satu zat gizi terpenting yang harus dipenuhi oleh anak adalah protein hewani dimana konsumsinya saat ini masih rendah, salah satu alternatif cara untuk memenuhinya adalah dengan menyediakan susu bubuk pertumbuhan yang memiliki berbagai manfaat gizi yang dibutuhkan oleh anak.” Ida juga menekankan pentingnya orang tua memahami pendidikan kesehatan dan literasi pengetahuan dasar dalam mengaplikasikan gaya hidup yang sehat untuk mencegah stunting dan meningkatkan status kesehatan anak dalam membangun masa depan anak dan keluarga yang kuat.kata Ida

untuk mengatasi isu malnutrisi terutama stunting, dan menjadi mitra orangtua dalam membentuk generasi Indonesia khususnya di kabupaten Karawang yang tumbuh sehat dan aktif, dapat membantu anak-anak tumbuh sehat, sigap dan tanggap. Kami juga ingin berperan aktif meningkatkan peran Ibu dalam mendorong tumbuh kembang anak-anaknya melalui gerakan yang memberdayakan Ibu agar punya semangat dan sikap Berangkat dari keinginan yang sama untuk menggerakkan dan memberdayakan Ibu di Kabupaten Karawang untuk mendukung pertumbuhan anak optimal dan keluarga yang kuat, 

,"dengan mengangkat pentingnya peranan Ibu dalam memaksimalkan potensi mereka untuk memastikan kecukupan gizi anak dan mengembangkan ilmu yang berguna untuk dukung anak Indonesia tumbuh aktif dan sehat,” ujar Ida

Masih kata Ida, Ibu-ibu anggota PKK, Kader Posyandu serta ibu-ibu di komunitas posyandu. Nantinya,  akan meliputi aktivitas edukasi, berbagi pengalaman serta aktivitas menyenangkan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Pemberian pemahaman terkait penggunaan sosial media juga dilakukan agar literasi digital para Ibu Indonesia semakin baik dan bijak. Diharapkan dengan menggunakan sosial media, Ibu dapat menjadi agent of change yang menyebarkan informasi baik kepada Ibu lainnya yang didapatkan dari aktivitas untuk melindungi anak Indonesia dari stunting.

Dadang Aripudin
Komentar Anda

Berita Terkini