|

Disdukcapil Karawang Berikan Pelayanan Khusus Untuk Para Korban Banjir



Foto : Abdul Majid SH. MSI Kasi Identitas Penduduk Disdukcapil Kabupaten Karawang

KARAWANG - dinamikajabar.com

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Karawang memberikan pelayanan khusus kepada para korban banjir yang kehilangan atau mengalami kerusakan terkait dokumen kependudukannya.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Abdul Majid SH. MSI selaku Kasi Identitas Penduduk Disdukcapil Kabupaten Karawang.

Diungkapkannya, bagi masyarakat Kabupaten Karawang yang terkena dampak banjir, Disdukcapil Kabupaten Karawang memberikan pelayanan khusus kepada para korban Banjir.

" Disdukcapil konsen sekali menyangkut data-data yang dipegang masyarakat, khususnya kepada para korban Banjir yang kemungkinan dokumen kependudukannya hilang atau rusak " ungkap Majid saat ditemui diruangannya. Senin (06/01/20).

Untuk antisipasi dari Disdukcapil sendiri, Kata Majid, Kepala Dinas Capil Kabupaten Karawang Yudi Yudiawan sudah mengintruksikan kepada semua operator yang ada di 30 Kecamatan agar mengantisipasi terjadinya hal tersebut, yang juga sudah berkoordinasi dengan para Camat dan para Kepala Desa.

" Apabila ada warga yang kena dampak banjir mengalami kehilangan atau kerusakan pada dokumen kependudukannya sepeti Kartu Keluarga, KTP-el, Suket, KIA dan Akta lahir untuk segera melaporkan ke Kecamatan masing-masing dengan dilengkapi surat keterangan dari kepala desa setempat bahwa benar korban terdampak banjir  " paparnya.

Dijelaskan Majid, Disdukcapil sendiri sudah membuka Posko khusus para korban banjir di masing - masing Kecamatan untuk masyarakat yang akan menyelesaikan atau membuat dokumen kependudukannya.

" Jika sudah datang ke Kecamatan dan tidak hafal NIK cukup dengan nama atau dengan cara geomatrik, itu salah satu fasilitas yang diberikan oleh Disdukcapil agar data yang menjadi korban banjir bisa ditemukan, apabila sudah ditemukan selanjutnya akan dihimpun berapa jumlah korban banjir dan akan langsung di cetak oleh Disdukcapil " kata Majid.

Majid menambahkan,  dengan adanya pelayanan khusus bagi para korban banjir,  Disdukcapil Kabupaten Karawang memberikan kemudahan untuk para korban banjir yang kehilangan atau kerusakan pada identitas penduduknya.

" Kita memudahkan kepada para korban banjir sehingga para korban banjir tidak kehilangan dokumen kependudukannya " pungkasnya. (Ade)

Komentar Anda

Berita Terkini