|

Diduga Ada Kejanggalan, Panitia Pilkades Mekarjaya akan DiSomasi


Foto : Ria Sepriani Bersama Kuasa Hukumnya
KARAWANG - dinamikajabar.com

Tidak terima dengan keputusan dari Panitia Pilkades Mekarjaya, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang terkait Penetapan Calon Kepala Desa Mekarjaya, Ria Sepriani salah satu bakal calon kepala desa akan somasi Panitia Pilkades Mekarjaya.

Akan dilayangkannya somasi kepada Panitia Pilkades, menurut Ria karena Panitia Pilkades tidak mengacu Peraturan Bupati Karawang Nomor 30 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Pemilihan Kepala Desa Pasal 1  ayat 27 dimana didalamnya disebutkan " Penjaringan adalah suatu upaya yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan untuk mendapatkan Bakal Calon dari warga masyarakat Desa setempat ".

" Kalau mengacu ke Perbup Nomor 30 Tahun 2019 Pasal 1 ayat 27 itu kan sudah jelas bunyinya, sedangkan di Desa Mekarjaya ada salah satu calon dari luar Desa Mekarjaya yang diloloskan " kata Ria. Jum'at (24/1/20).

Dijelaskannya, kalau lihat dari Perbup Nomor 30 Tahun 2019 itu harusnya mutlak tidak diloloskan, adapun memang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 65 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Permendagri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa calon kepala Desa bisa dari luar Desa.

Endang Sumarta SH. MH selaku kuasa hukum Ria Sepriani mengatakan, akan melayangkan surat kepada Ketua Panitia Pilkades Mekarjaya atas dugaan kecurangan.

" Kita kasih waktu tiga hari kepada Ketua Panitia Pilkades dan meminta klarifikasi dan mediasi atas dugaan adanya kecurangan, apakah bisa menjawab dan bisa membuktikan kalau tidak melakukan kecurangan, kalau terbukti ada kecurangan kita akan langkah upaya hukum " jelasnya.

Sementara itu, Siti Sohrah selaku Ketua Panitia Pilkades Mekarjaya menyampaikan, apa yang dilakukan Panitia Pilkades Mekarjaya sudah sesuai dengan peraturan yang ada dan tidak melanggar peraturan apapun.

" Itu Hak warga negara jika memang ada tidak terima dengan apa yang diputuskan, dan  keputusan calon kades tersebut bukan dari kita tapi dari hasil tes tulis kemarin " kata Ketua Panitia Pilkades Mekarjaya saat dikonfirmasi Via Telepon.

Lebih lanjut Siti menerangkan, kalau memang tidak menerima dengan keputusan yang ada silahkan agar melaporkan ke pihak Kecamatan atau ke Pemerintah Kabupaten yang berkaitanya dengan Pilkades. (Ade)


Komentar Anda

Berita Terkini