|

Desa Darangdan Gelar MusrenbangDes Tahun Anggaran-2021



PURWAKARTA, dinamikajabar.com  Desa Darangdan Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta menggelar kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Desa, Jum'at (11/01) bertempat di Gor Pamidangan Desa Darangdan.

Diselenggarakannya Musrenbang Desa tersebut sebagaimana  dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor-66 tahun-2007 pasal-1 ayat-11 bahwa musyawarah desa adalah musyawarah tahunan yang di laksanakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan desa untuk menyepakati rencana kegiatan desa.

Acara tersebut dihadiri Sekcam Darangdan Beny Primiadi, SKM, Kapolsek Darangdan diwakili oleh Aiptu Iwan Widianto KasiUm  Polsek Darangdan, Danramil 1903 Darangdan-Bojong diwakili Serda Dodo Montiana, Kepala Desa Darangdan H.Usman Suryaman, MM.PD Sekretaris Desa (Sekdes) Deden Ibnu Hidayat, Perangkat Desa Darangdan.

Serta unsur Bamusdes, Unsur LPM,  Bhabinmas Desa Darangdan Aiptu  H.Rohman, Babinsa Desa Darangdan Serda Dodo Montiana, Para Kepala Dusun (Kadus) Para Ketua Rw, Para Ketua Rt, Kader Pos Yandu serta Karang Taruna, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama.

Narasumber Musrenbang yaitu, Kepala Desa Darangdan H.Usman Suryaman, Sekdes Darangdan Deden Ibnu Hidayat selaku pembawa acara sekaligus melaporkan pejabaran titik  kegiatan pembangunan tahun anggaran 2019/2020, Ketua Bamusdes Desa Darangdan Drs Rukma.


Tokoh Masyarakat Desa Darangdan H. Ruslan Subanda, SH (Ama) mantan Sekda Kabupaten Purwakarta sekilas pandang terkait RPJMDes tahun anggaran 2020/2021.

Musrenbang Desa Darangdan yang di buka oleh Sekcam Darangdan Beny Primiadi, mendapat 
Kesepakatan dan penetapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) tahun anggaran 2020/2021 yang diusulkan oleh 4-orang Kepala Dusun mewakili 9-orang Ketua Rw dan 31-orang Ketua Rt. 

Diantaranya yaitu,  "Membangun Kantor Desa, Rehab MCK, Sumur Bor, Sarana Air Bersih (SAB) Drainase, Pos Yandu, SDM, kemudian Stunting,  
untuk Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) tahun anggaran 2020/2021.

Pjs Kepala Desa Darangdan H.Usman Suryaman, MM.Pd saat di konfirmasi media (10/01) bahwa hasil penetapan  RPJMDes tahun anggaran 2020/2021 ini kemungkinan tidak terealisasi seluruhnya, paling tidak skala prioritas yang paling di utamakan,  sebab kucuran dana baik dari DD, ADD maupun Banprop bukan hanya untuk Infrastruktur dan Pembangunan saja, bahkan Pendidikan dan Kesehatan pun menyandar ke dana bantuan tersebut.

"Sesuai usulan dari Karang Taruna diantaranya mengenai  Stunting, sebab stunting butuh perhatian juga, seperti gizi tercukupi agar pertumbuha si anak terhindar dari kekerdilan, cebol atau stunting, juga penanganan  mengenai sampah, perlu kita sepakati,"ucapnya

Tambahnya, untuk pembangunan yang sudah di bangun perlu parhatian kita bersama, seperti  perawatan dan pemeliharaannya agar bangunan tersebut tetap kokoh dan terjaga keutuhannya. "Ujar H.Usman Suryaman"

Sekilas pandang dari  H.Ruslan Subanda,SH mantan Sekda Purwakarta  selaku tokoh masyarakat Desa Darangdan, kami percaya masalah infrastuktur dan pembangunan lainnya, akan tetapi perlu di tingkat mengenai SDM masyarakat, dan mendirikan Diniah yang tujuannya untuk  membangun krakter manusia yang berkualitas

Lanjut Ama Ruslan bahwa Desa Darangdan itu sudah termasuk katagori Desa  perkotaan, maka sangat penting di bangunnya Kantor Pemerintah Desa yang maksimal. "Pungkas Ama Ruslan"
       (Esa)
Komentar Anda

Berita Terkini