|

Amanat Permendagri No-66 Th.2007 Desa Nanggewer Gelar MusrenbangDes Tahun Anggaran 2020-2021



PURWAKARTA, dinamikajabar.com
-Desa Nanggewer Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta  menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes) tahun anggaran-2021,Selasa 21/01/2020 bertempat di aula Desa Nanggewer.

Desa Nanggewer yang punya moto "Sabilulungan" memperhatikan amanat Permendagri No.66 tahun.2007 bahwa musyawarah desa merupakan  forum musyawarah para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran-2021

Musren tersebut di hadiri Nana Suhana Kasi Ekbang Kecamatan Darangdan mewakili Camat Darangdan Ade Sumarna, SH.M.Si, Tohir,SE Pendamping Desa (PD) Kecamatan Darangdan, Kepala Desa Nanggewer Asep Endang Syarip, Sekdes Nanggewer R.Gan-Gan Wahyu Gandara, Amd.Kom,
Ketua Bamusdes Ahmad Sodikin, Koptu Tri Gunawan babinsa Desa Nanggewer, unsur Perangkat Desa Nanggewer, para Kepala Dusun, Aparat Rw Rt, Ketua TP-PKK Desa Nanggewer Nurhasanah beserta anggota, Ketua Bumdes Rinawati juga Tokoh masyarakat serta Tokoh Agama sewilayah Desa Nanggewer.

Nararumber Musrenbang yaitu, Tohir,SE PD  Kecamatan Darangdan, Ketua Bamusdes Ahmad Sodikin,
Kepala Desa Nanggewer Asep Endang Syarip yang di bantu Sekdes Nanggewer R.Gan-Gan Wahyu Gandara, Amd.Kom  melaporkan dan menjabarkan terkait  kegiatan  pembangunan  tahun anggaran 2019-2020 secara netral dan jelas sehingga  peserta Musren memahami dan  menerimanya.


Nana Suhana Kasi Ekbang Kecamatan Darangdan dalam sambutannya, mohon dengan bahwa pembangunan yang di rencakan yang skalapioritas.
Perlu di ketahui Musren untuk tingkat Kecamatan akan dilaksanakan  pada bulan Peberuari.

Juga pada musim penghujan ini wabah Demam Berdarah Dengue (DPD) sudah bermuncul di daerah kita, untuk itu mari kita bersama sama memberantasnya, Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara Menutu, Menguras dan Menimbun (3-M) sebab DBD bisa mematikan.
Kemudian PBB bila sudah menerima SPPT mohon dibayar lebih awal "Imbuh Nana Suhana"

Kepala Desa Nanggewer Asep Endang Syarip, dalam sambutannya, bahwa yang menyandar ke anggaran itu,  buka hanya untuk  pembangunan saja, akan tetapi pendidikan, kesehatan, pertanian, peternakan dan olahragapun menjadar juga, bahkan untuk anggaran 2021 yang disebut stunting harus di anggarkan.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) tahun anggaran 2021 mendapat kesepakatan dan penetapan 
yang diusulkan oleh 4-orang Kepala Dusun mewakili para Rw/Rt   diantaranya :

"Tentang Pekerjaan Umum, yaitu 7-titik jalan paping blok, 1-titik gedung serba guna, 3-titik drainase, 1-titik jembatan, 1-titik jamban MCK. Tentang Pertanian, yaitu 1-titik pembuatan irigasi, 2-titik bendungan dan irigasi.
Tentang Peternakan, Kesenian, Pendidikan, Tentang Kesehatan dan Tentang Sarana Olahraga "Ucap Kades"

Mengenai  Stunting perlu diwaspadai dan menjadi tanggung jawab pemerintah termasuk tanggung jawab kita bersama, 
sebab stunting itu adalah kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa anak lahir. "Pungkasnya"
      (Esa)
Komentar Anda

Berita Terkini