|

PT Pindodelli 1 dapat teguran dari Satgas Citarum Sektor 19 gara - gara Limbah



KARAWANG - dinamikajabar.com

Diduga buang limbah ke Sungai Citarum tanpa diolah terlebih dahulu, PT Pindodelli 1 disidak dan diberi teguran keras oleh Dansektor 19 Satgas Citarum Harum.

Awalnya ramai dimedia sosial terkait saluran air yang mengalir ke Sungai Citarum berwarna hitam dan coklat, dari situlah Dansektor 19, Kolonel Inf Agoes H S bersama anggota langsung melakukan inspeksi dadakan (Sidak, red) ke PT Pindodelli 1.

Sebelumnya rombongan Satgas Citarum Sektor 19 mengambil sample di saluran yang diramaikan oleh masyarakat di media sosial, dan langsung mengujinya ditempat.

Kemudian rombongan bergegas ke PT Pindodelli 1 yang disinyalir sebagai sumber dari warna air yang kotor tersebut, kemudian dilakukan pengecekan juga.


Setelah dilakukan pengecekan ternyata produksi air limbah yang dihasilkan oleh Perusahaan yang memproduksi kertas tersebut diatas baku mutu yang diperbolehkan.

Namun pihak perusahaan berdalih itu semua karena dampak cuaca, karena barusan hujan jadi airnya keruh, dan juga bak penampungan melebihi kapasitas karena ketambah oleh air hujan.

Setelah dilakukan pengecekan, memang baku mutunya melebihi, namun dalih dari pihak perusahaan bisa kami terima, namun tetap harus ada perbaikan sebelum kami melakukan penutupan Out Fall, tegas Dansektor 19, Kolonel Inf Agoes H S, saat diwawancarai di lokasi, Jum'at (06/12/19).

Lebih lanjut, Dansektor 19 juga menegaskan kepada PT Pindodelli agar segera melakukan perbaikan, sebab jika tidak dilaksanakan, kami tidak akan terima alasan apapun lagi, terpaksa harus ditutup Out Fallnya.

Kami beri waktu sampai, Selasa 10 Desember 2019 untuk melakukan perbaikan, kalau diperbaiki ya bagus, tapi kalah belum, kami tutup out fallnya, tegas Dansektor.(Rama)

Komentar Anda

Berita Terkini