|

Komandan Lanud Suryadarma Melaksanakan Gerakan Go Green Semesta Menanam



SUBANG, dinamikajabar.com Personel Lanud Suryadarma melaksanakan gerakan Go Green bertajuk “Semesta Menanam” dengan menanam 1000 pohon produktif di lahan tanah Lanud Suryadarma yang dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Si., Selasa (31/12/2019).

Kegiatan menanam pohon produktif ini adalah salah satu program Komandan Lanud Suryadarma yaitu gerakan Go Green dengan menanam berbagai macam tanaman produktif seperti pohon mangga, rambutan, nangka dan sebagainya. 

“Kita harus menanam dengan ikhlas agar buahnya menjadi manis. Kita jangan berpikir bahwa kita yang nanam namun hasilnya kita tidak petik. Kitapun sekarang menikmati hasil yang sudah ada tanpa harus menanam. Jadi kita pantas berterima kasih kepada mereka yang sudah menanam namun kita yang merasakan hasilnya,” ujar komandan Lanud sebelum melaksanakan penanaman pohon produktif.


Bibit pohon ini juga didapat dari hasil program green Basket yaitu pengumpulan dari kertas bekas yang sudah tidak terpakai dari setiap staf Lanud Suryadarma, kemudian dikumpulkan di tim go green dan setelah banyak kemudian kertas dicacah supaya tidak ada berkas dinas yang keluar. Setelah cacahan kertas sudah terkumpul cukup banyak kemudian kertas itu dijual dan ditukarkan dengan bibit tanaman produktif seperti yang sekarang ditanam ini di lingkungan Lanud Suryadarma.

Menurut Komandan Lanud Suryadarma bahwa kegiatan ini adalah program Lanud Suryadarma seperti melaksanakan penanaman pohon produktif dengan maksud untuk penghijauan, untuk menghutankan kembali, dan memperbanyak ruang terbuka hijau sesuai dengan adanya kebijakan pemerintah yang mendukung budaya menanam, baik dalam skala besar maupun dalam skala kecil, dalam gerakan kota hijau serta gerakan penanaman pohon.

“Untuk itu kegiatan seperti ini bagi saya sangatlah tepat karena manfaatnya cukup besar bagi kita semua. Apabila program penanaman pohon ini dapat berjalan dengan baik di semua lahan yang ditanami maka manfaat yang diperoleh sangatlah banyak seperti  mengurangi polusi, mencegah banjir, mencegah longsor dan juga menyediakan sumber air bersih” terang Komandan.

Selain program “Semesta Menanam” tersebut, Lanud Suryadarma telah melaksanakan berbagai macam program Go Green lainnya seperti mengangkat Duta Go Green dari SMK Angkasa, program Green Basket, pembagian dan sosialisasi penggunaan tumbler untuk mengurangi penggunaan minuman botol plastik, program Green Bag untuk mengurangi penggunaan kantong kresek, Bike to Work dan hidroponik.

Berita gambar:  Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Si. dan para pejabat Lanud Suryadarma saat menanam pohon produktif di lahan Lanud Suryadarma dan diikuti oleh seluruh Personel Lanud Suryadarma.
Komentar Anda

Berita Terkini