-->
    |

Kades Duren, Desa Mandiri dapat Bantuan Maskara dari Gubernur Jabar



KARAWANG, dinamikajabar.com
Gubernur Jawa Barat menyerahkan bantuan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) untuk Desa Duren, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang Jawa barat, Selasa 17/12.

Dikatakan RK, konsep Jabar sekarang adalah masyarakat bahagia. Pemprov memfasilitasi kepentingan masyarakat dari program Maskara dengan lima ribu Maskara dengan sasaran desa-desa yang berprestasi.

"Tahun ini kita ada 120 Maskara prototipe multi fungsi guna memfasilitasi kebutuhan transportasi masyarakat. Dan desa yang berprestasi akan diprioritaskan seperti desa Duren ini," ungkapnya.

Desa Duren kecamatan Klari kabupaten Karawang mendapatkan Maskara karena dinilai  sukses mensejahterakan masyarakat melalui Index Desa Mandiri (IDM )

Sementara itu, Kepala Dinas pemberdayaan masyarakat desa (PMD) Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi menjelaskan, program-program yang bersifat membangun desa akan dipercepat pelaksanaannya seperti desa Internet yang realisasinya sudah 439 desa yang dipasang wi-fi gratis untuk masyarakat.

Bukan hanya itu, Ketua RW akan difasilitasi smartphone, dalam program digitalisasi desa serta berfungsi untuk pelayanan publik dan pengaduan masyarakat.

Lebih lanjut, program One village one company untuk 500 BUMDes akan mendapatkan bantuan dana dalam upaya program pengentasan pengangguran di desa.

Camat Klari mengapresiasi program pemerintah provinsi yang konsen dan perhatian terhadap pembangunan kemajuan di desa wilayah kecamatan Klari

Menurutnya, ini menjadi pemacu semangat bagi para kepala desa dan jajaranya untuk terus bekerja membangun dan memajukan desanya.ujar Camat Klari Mamat Rahmat.

Kepala Desa Duren Ebeh Halim panggilan akrabnya Ebeh Sangat berterimakasih kepada pemerintah Provinsi dan Pemkab Karawang.

"Alhamdulillah kita mendapatkan mobil aspirasi kampung juara,(MASKARA)  memang karena selama 3 tahun berturut-turut menjadi pemungut / Pembayar pajak terbaik," ucap Ebeh Halim

,"selain itu Selama ada kegiatan MTQ tingkat Nasional, tingkat Provinsi Jawa barat tingkat kabupaten Karawang selalu warga desa Duren menjadi juara,

Menurutnya, Kalau di bilang desa mandiri memang benar, karena kita membangun Aula Desa bukan dari dana bantuan pemerintah daerah tetapi dana dari Dana Bagi Hasil (DBH).

"Dana Bagi Hasil Pajak ini seharusnya di peruntukan bagi  pemerdayaan masyarakat," tapi kita bangun Aula desa dari dana DBH, bukan Dana bantuan Prototipe Desa dari Provinsi Jawa barat, katanya

Untuk rencana penyerahan mobil aspirasi kampung juara,(Maskara) Ebeh Halim menyampaikan harusnya hari senin tetapi ada perubahan," karena Bupati sedang mengikuti musren di istana negara, sampai hari ini kita belum ada informasi lagi," jelas Kades Duren.

Dadang Aripudin
Komentar Anda

Berita Terkini