|

Dinas PUPR Tengah Perbaiki Erosi Tanah Labil Di Bibir Jembatan Unsika




KARAWANG, dinamikajabar.com
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang meninjau langsung ke lokasi erosi tanah basah yang menimpa Jembatan Unsika Jalan HR. Ronggowaluya, akibat hujan deras ,Sabtu(28/12).

.Sekretaris Dinas PUPR Asep Ajhar menjelaskan Kejadian tersebut akibat terjadinya erosi tanah basah yang masih labil diakibatkan intensitas curah hujan dari sore sampai malam hari yang tinggi di sekitaran Jembatan Unsika. Air run off (limpasan permukaan) di sekitar jembatan.

Hal ini, kata Asep Ajhar disebabkan belum adanya drainase di sekitar jembatan menuju ke aliran sungai, sehingga air run off tersebut menggerus sebagian tanah di ujung jembatan menuju sungai, tetapi secara konstruksi jembatan cukup aman.

.Menurut Asep Ajhar, pihak Bidang Jembatan dan Bidang SDA telah melakukan koordinasi di lapangan untuk menangani Antisipasi agar kejadian tidak terulang yaitu diawali dengan memperbaiki yang tergerus dan mengisi kembali tanahnya dengan cerucuk. Serta membuat jalan air run off berupa pipa langsung ke aliran sungai

Bidang SDA, lanjutnya, pihaknya akan membuat drainase lingkungan menuju aliran sungai, baik dari arah Unsika maupun dari arah Telukjambe untuk menghindari air run off menuju bangunan jembatan.

Selain itu kata Asep Ajhar, kepada media dinamikajabar.com pihaknya akan membuat Turap Penahan Tanah (TPT) berupa pasangan baru beserta tali air di sekitar jembatan dan Bronjong di sepanjang garis sepadan sungai guna memperkuat bangunan jembatan.

Di tempat terpisah hal senada juga diungkapkan salah seorang rekanan yang menggarap proyek jembatan tersebut. Menurut Riki erosi tanah basah labil yang menimpa jembatan itu disebabkan hujan yang sangat deras. 

Sedangkan untuk konstruksi jembatan dijamin aman karena tiang pancangnya saja memiliki kedalaman 20 meter. Menurut nya dilokasi erosi itu perlu dibangun turap. 

Ia menambahkan, karena keterbatasan anggaran, sehingga pihak dinas memprioritaskan pembangunan jembatan terlebih dahulu untuk kepentingan masyarakat yang melintasi jembatan tersebut.

(Bob) 
Komentar Anda

Berita Terkini