|

Danki 1 Wakili Dansektor 18 Saat Mensosialisasikan Program Citarum Harum Di SMK Pratama Mulya Karawang



KARAWANG - dinamikajabar.com

Satgas Citarum Harum Sektor 18 kembali menggelar sosialisasi program Citarum Harum, hari ini giliran SMK Pratama Mulya yang berada didesa Kutapohaci, Kecamatan Ciampel, Karawang yang mendapat sosialisasi tentang Program Citarum Harum.

Diketahui tugas Sektor 18  meliputi di enam desa yang berada di dua Kecamatan dan kurang lebih 720 km sungai Citarum yang dikerjakan Sektor 18.

Komandan Kompi SSK 1 Pelda Trilaksono yang mewakili Komandan Sektor 18 Kolonel Inf Hernowo Adji mengatakan, tugas satgas selain sosialiasi disekolah juga melakukan sosialisasi di desa maupun di masyarakat di tiap.


" Ada beberapa tugas satgas diantaranya kita membuat lubang sampah, pengerukan sungai, penertiban IPAL perusahaan, patroli sungai untuk menjaga adanya yang membuang limbah ke sungai Citarum, membuat taman, melakukan penghijauan guna mencegah erosi dan mengembalikan DAS citarum , penertiban limbah ternak serta pembuatan Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) dan membuat MCK " ungkap Danki. Kamis (19/12/19).

Pada intinya, Danki menambahkan diadakannga sosialisasi ini adalah untuk merubah mindset karena banyak masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan.


" Kita mengajak ke semua masyarakat bahwa penting nya membuang sampah pada tempatnya dan jangan sampai membuat sampah atau limbah ke Citarum  agar tidak mengotori sungai Citarum " kata Danki.
Lebih lanjut Danki menjelaskan, satgas Citarum juga melakukan sidak ke semua perusahaan yang ada disektor 18.

" Ada juga perusahaan yang bandel membuang limbah ke Citarum dan sudah kita tegur dan meminta agar dibuatkan IPAL " paparnya.
Danki juga mengatakan kepada para siswa - siswi jika melihat orang membuang sampah sembarang atau ke Citarum agar melaporkan ke satgas Citarum.

Sementara itu, Narasumber dari Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang Andes Safarandes Asmara M.pd menerangkan tentang pengolahan sampah, bagaimana mengolah sampah dengan baik dan benar.


" Dengan kita mengolah sampah berarti kita sudah mengurangi jumlah volume sampah,  dirumah bisa coba untuk memilah dan mimilih sampah untuk mengurangi penumpukan sampah di TPA dan jika ada sampah yang bisa didaur ulang sebaiknya didaur ulang " terangnya.

Drs  Cucu Cuaca M.Pd selaku Kepala Sekolah SMK Pratama Mulya Karawang mengucapkan banyak terima kasih kepada satgas Citarum harum yang sudah berkenan memberikan pemahaman tentang Program Citarum Harum.


" Kita mendukung apapun kegiatan yang berkaitan dengan adanya program Citarum dan berharap kepada para siswa yang hadir bisa menerapkan dilingkungannya masing - masing apa yang sudah diterangkan oleh satgas Citarum " pungkasnya.

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh anggota satgas sektor 18 serat lebih dari lima puluh siswa - siswi SMK Pratama Mulya Karawang dan setelah sosialisasi satgas Citarum juga memberikan cenderamata kepada para siswa - siswi. (Ade)

Komentar Anda

Berita Terkini