|

Dandim 0604/Karawang ikut lakukan evakuasi Mahasiswa Unsika yang terjebak didalam Goa



KARAWANG - dinamikajabar.com

Bersama Tim Gabungan dari Kodim 0604/Karawang, Polres Karawang, Basarnas Jabar BPBD Karawang, dan Relawan, Dandim 0604/Karawang, Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo, M.MSc turut serta dalam mengevakuasi Tiga (3) orang Mahasiswa Unsika yang terjebak didalam Goa.

Evakuasi dilakukan pada Minggu malam (22/12/19) dilokasi Goa Lele yang berlokasi di Desa Taman Sari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Selain Dandim, turut hadir pula dalam evakuasi, Kapolres Karawang, AKBP Arief Rahman Arifin, Bupati Karawang, Dr Cellica Nurrachadiana, Danramil 0410/Pangkalan, Danramil 0401/Karawang, Pasiter Kodim 0604/Karawang, dan Kapten Arh Ramin Nurmansyah.

Kodim 0604/Karawang sendiri menurunkan personel Babinsa untuk membantu pengamanan, mengarahkan dan menyiapkan 2 set alat selam (Aqualung) untuk mengantisipasi kekurangan oksigen tim penyelamat.

Dalam keterangannya, Dandim 0604/Karawang, Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo mengatakan, kegiatan evakuasi ini alhamdulillah berjalan dengan baik, tim berhasil mengevakuasi Tiga (3) Jenazah dari dalam Goa.

Proses evakuasi sendiri berjalan hampir 10 jam, hingga akhirnya tim bisa mengeluarkan Tiga (3) orang Mahasiswa Unsika tersebut dalam keadaan sudah tidak bernyawa lagi, ungkap Dandim, Minggu (22/12/19) saat di lokasi.

Lebih lanjut, Dandim menjelaskan, dari kegiatan evakuasi ini dapat dilihat sinergitas atau kerjasama antara TNI, Polri, Basarnas, BPBD, Masyarakat/Relawan dan juga kecepat tanggapan dalam melaksanakan operasi penyelamatan.

Peristiwa ini juga dapat menjadi pelajaran akan pentingnya koordinasi atau wajib lapor bagi siapapun yang akan melaksanakan kegiatan beresiko di lokasi yang berpotensi bencana, dan lebih berhati - hati dalam merencanakan, menyiapkan dan waspada dalam pelaksanaannya, tuturnya.

Diduga para Mahasiswa yang tergabung dalam Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala, red) Unsika tersebut saat melakukan petualangannya tidak berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak terkait, dan saat ini Polisi sedang menyelidikinya.

Berikut ini adalah Nama - nama korban ;

1). Nama : Erisa Rifiani Putri (P)
     TTL : Bogor 28 Maret 1999
     Alamat : Kampung Parung Tanjung, Desa Cibodas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Semester l.

2). Nama :  Alief Rindu Alafah (L)
     TTL : Jakarta 06 Januari 2001
     Alamat : Griya Parung Panjang D2/A No.29 RT/RW 03/04, Desa Kabasiran, Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor
Fakuktas FKIP Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Semester l.

3). Nama : Ainan Fatimatuzahro (P)
     TTL : Banjarnegara 25 Juli 2000
     Alamat : Desa Bajanegara RT/RW 01/02, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara
Fakultas FIKES Uniska, Semester l.(Rama)

Komentar Anda

Berita Terkini