|

SMAN 1 Ciampel juga dapat Sosialisasi Program Citarum Harum dari Satgas Sektor 18




KARAWANG - dinamikajabar.com

Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Ciampel, Kabupaten Karawang kedatangan Satuan Tugas (Satgas) Sektor 18 Citarum Harum pada Selasa (19/11/19) pagi.

Maksud dan tujuan dari Satgas Sektor 18 Citarum Harum ke SMAN 1 Ciampel sendiri untuk memberikan Sosialisasi program Citarum Harum yang sudah berjalan dua tahun ini.

Penanganan sungai Citarum sendiri sudah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.


Sama halnya pada sosialisasi sebelumnya, dalam acara sosialisasi selain mendapat pemaparan tentang Program Citarum Harum dari Komandan Sektor 18, Kolonel Inf Utoh Zaendy S,.Sos juga paparan dari Dosen Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang Andes Safarandes Asmara M.,Pd, sebagai narasumber.

Dalam acara sosialisasi juga dihadiri oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Ciampel Dra. Tri Setyowati M.Pd, Komandan Kompi (Danki) 1 Pelda Trilaksono, Komandan Kompi (Danki) 2 Pelda Haryadi, para siswa - siswi SMAN 1 Ciampel serta anggota Satgas Sektor 18.

Dansektor 18 Kolonel Inf Utoh Zaendy S,.Sos dalam sosialisasi mengatakan, Kabupaten Karawang sendiri 40% dilintasi oleh sungai Citarum, oleh karena itu para Dansektor yang ada diwilayah Kabupaten Karawang terus gencar melakukan sosialisasi serta turun langsung tangani sungai Citarum yang sudah tidak asri lagi.


" Setelah dua tahun program Citarum Harum berjalan sekarang sudah ada perubahan nya, salah satunya dibantaran sungai sudah dibuatkan taman - taman serta ditanami pepohonan " ungkap Dansektor saat Sosialisasi.

Latar belakang adanya Program Citarum Harum, dijelaskan Dansektor, sungai Citarum dicap sebagai sungai terkotor di dunia, sungai Citarum sebagai objek vital/strategis dan sungai Citarum berpengaruh terhadap ibu kota Jakarta.

" Satgas Sektor Citarum Harum itu selain melakukan Sosialisasi juga melakukan pembersihan sampah, pembuatan lubang sampah, pemgerukan sungai/ Sedimentasi, penertiban IPAL, patroli sungai, pembuatan taman, penghijauan, penertiban limbah ternak serta pembuatan TPSS dan MCK " jelas Dansektor.


Sementara itu Narasumber dari UBP Karawang Andes Safarandes Asmara M.Pd menjelaskan bagaimana mengolah sampah dengan baik dan benar, dikatakannya, pengolahan sampah merupakan kegiatan yang bermaksud untuk mengurangi jumlah sampah.

" Pengolahan sampah itu mudah, dengan kita tertib dan teratur membuang sampah itu salah satu bentuk kita mengurangi jumlah sampah " kata Andes.

Dalam waktu yang sama Kepala Sekolah SMAN 1 Ciampel Dra. Tri Setyowati M.pd mengucapkan terima kasih kepada Satgas Sektor 18 yang sudah memaparkan terkait Program Citarum Harum. (Ade)


Komentar Anda

Berita Terkini