|

Perangkat Desa Cilingga dan Warga Kompak Melaksanakan Jumsih



PURWAKARTA, dinamikajabar.com
-Tradisi dan budaya Perangkat Desa Cilingga Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta melaksanakan kerja bakti di hari Jum'at, mereka lakukan turun tumurun sejak Kepala Desa Cilingga yang pertama  H.Moh Enoh Juhana hingga Iis Kiswara dan HM.Ade Mulyana.

Pjs Kepala Desa Cilingga Ita Sasmita, Pelda Sail Babinsa Desa Cilingga Koramil 1903 Darangdan Bojong, Perangkat Desa termasuk Rt,Rw dan Linmas melaksankan kerja bakti Jumsih, Jum'at 29/11/2019 yang berlokasi di jalan protokol desa dan di halaman kantor desa, bahkan mantan kades Cilingga HM.Ade Mulyana juga berbaur dengan warga melaksanakan Jumsih.

Menurut HM.Ade Mulyana mantan Kades Cilingga, bahwa yang namanya kerja bhakti hari jum'at sudah dilaksanakan sejak dulu, sebab hari jum'at itu adalah hari istirahat bukan hari libur, masyarakat  dihari itu memberhentikan aktipitas  usahanya, seperti ke kebun dan ke sawah, melainkan, warga kompak serempak melaksanakan  kerja bhakti, waktu itu belum ada yang namanya Jumsih  (Jum'at Bersih)


Program Jumsih dan Program Santri Raksa Desa (Sarasa)  dilahirkan kedua program tersebut oleh Pemerintah Provinsi Jawa barat pada tahun-1996.
Kedua program tersebut cenderung bersipat swakarya dan menyentuh ranah gotong royong, alhamdulillah kegiatan gotong royong di Desa Cilingga berjalan lancar  "Ujar HM.Ade"

Begitu juga penjelasan Pjs Desa Cilingga Ita Sasmita Alhamdulilla Perangkat Desa dan Masyarakat  setiap hari jum'at pagi kompak melaksanakan jumsih, hal itu mereka laksanakan tanpa perintah.

Kerja bhakti kali ini di pusatkan memperbaiki parit jalan atau saluran air, sebab hujan sudah mulai sering turun. "Pungkas Pjs Kades"
 (Bah Endang)
Komentar Anda

Berita Terkini