|

Pemkab Karawang Diminta Pro Aktif Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan



KARAWANG, dinamikajabar.com Pemerintah Kabupaten Karawang Diminta pro aktif dalam mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan yang meliputi ideologi Pancasila, konstitusi UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Hal ini terungkap saat Partai Demokrat mengadakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang diprakarsai Anggota DPR-RI dari Partai Demokrat Hj.Vera Febyanthy M.si

Dosen Universitas Ista Alkamal Jakarta Djunaedi yang menjadi narasumber dalam sosialisasi tersebut mengakui pihaknya merasa prihatin terhadap persoalan bangsa ini. Hal ini kaitannya dengan ideologi Pancasila. Sebab masih banyak masyarakat kita yang tidak hapal Pancasila. "Saya sangat prihatin sekali, ini harus menjadi perhatian dikalangan legislatif ,khususnya DPR RI"tutur Djunaedi disela-sela kegiatan sosialisasi kepada awak media, Senin (25/11/2019) bertempat di Rumah Makan Alam Sari Karawang Barat.

Dikemukakannya lebih jauh, masih banyaknya masyarakat yang tidak hapal dengan Pancasila merupakan sinyalemen bahwa dikalangan pendidik kurang mensosialisasikan Pancasila,bahkan tidak ada lagi materi pelajaran yang membahas Pancasila di sekolah-sekolah. "Kami berharap Pemkab Karawang gencar mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan di sekolah sekolah,"harap Djunaedi.

Diakui Djunaedi, memang  cukup dilematis jika Pancasila dimasukkan kedalam sistim Undang Undang Pendidikan Nasional sebab pihak legislatif harus merubah dulu Undang Undang tersebut. Namun sampai saat ini hal itu menjadi pro kontra dikalangan DPR-RI.

Kendati pun demikian,sambungnya, pihak nya sebagai akademisi akan berjuang terus guna mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan ini ke berbagai lapisan masyarakat. "Kami berharap 4 pilar kebangsaan ini dimasukan kembali dalam materi pelajaran di sekolah,"imbuh Djunaedi.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris KPPC DPC Partai Demokrat Wawan Siswanto,SE mengapresiasi sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini sebab hal ini merupakan kegiatan positif dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara "ungkapnya. 

Dijelaskannya kita berharap,hal ini akan dilakukan secara kontinyu oleh anggota DPR RI berfungsi nantinya untuk mendekat kan diri beliau dengan masyarakat pemilih nya. Walau bagaimanapun anggota DPR RI dipilih oleh masyarakat pemilih nya. Beliau wajib hukumnya untuk turun ke masyarakat pemilih nya untuk menerima aspirasi, menerima masukkan,baik dari sektor ekonomi,sosial dan sektor lainya dari masyarakat pemilihnya.

Sosialisi 4 pilar ini tambah Wawan, bukan hanya baik untuk Partai Demokrat, kita harapkan baik untuk seluruh masyarakat. Karena sendi sendi berbangsa dan bernegara harus dimulai dari diri sendiri setiap warga negara. Bukan hanya kepentingan partai politik tapi ini merupakan hak dan kewajiban seluruh warga negara untuk mempertahankan ideologi Pancasila sebagai fundamental kehidupan berbangsa dan bernegara.

Diakui Wawan, Partai Demokrat, secara kepartaian , karenabperjuangan ini tidak hanya perjuangan dibDPRD karena DPRD tidak bisa merubah Undang Undang. Pihaknya akan memperjuangkanya dan sudah dibahas saat acara silaturahmi Nasional Partai Demokrst bahwa hal ini akan diperjuangkan oleh wakil wakil kita yang ada di DPR RI. Pihaknya berharap masuknya kembali pelajaran Pancasila ini kedalam kurikulum yang wajib dilaksanakan disekolah sekolah,"ungkapnya.

Sementara itu sebelum acara sosialisasi anggota DPR RI Vera Febyanthy Msi dari Partai Demokrat menyantuni anak yatim sekaligus tasyakuran. Acara. tersebut dihadiri ratusan relawan Partai Demokrat.
(Boby)
Komentar Anda

Berita Terkini