|

Mengembalikan Kemurnian Air Dari Pencemaran Lingkungan dengan Normalisasi Sungai Citarum



BEKASI, dinamikajabar.com  Satgas Citarum Harum Sektor 20 menggelar sosialisasi lanjutan tentang normalisasi Sungai Citarum kepada masyarakat di Kelurahan Bantar Jaya Kecamatan Pabayuran Kabupaten Bekasi, kemaren Kamis (31/10).

Pada kegiatan sosialisasi ini dititik beratkan tentang kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan yang berdampak  langsung pada kehidupan dan kesehatan masyarakat.

Dansektor 20 Satgas Citarum Harum, Kolonel Inf Kukuh Hartono, S.E, menyampaikan, " kegiatan Citarum Harum adalah Program Pemerintah dalam rangka menormalisasi Sungai Citarum dan mengembalikan dan menjaga kemurnian air sungai dari pencemaran lungkangan dan sampah ".

" Dengan adanya program Citarum Harum ini, sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dan rasa memiliki serta berperan aktif dalam menjaga kelestarian Sungai Citarum, " terang Dansektor.


Ditempat yang sama Dosen STMIK Nusa Mandiri bapak Arif Hidayat mengatakan, " pengelolahan sampah merupakankegiatan untuk mengurangi jumlah sampah, memanfaatkan nilai ekonomis yang terkandung dalam sampah itu sendiri ".

Menurut Dansektor 20 Kolonel Inf Kukuh, " dalam penanggulangan pencemaran dan kerusakan DAS Citarum perlu diambil langkah-langkah percepatan dan strategis secara terpadu yang mengintegrasikan kewenangan antara Lembaga Pemerintah dan pemangku kepentingan terkait guna  pemulihan DAS Citarum ".

Selain itu, limbah industri dan peternakan yang tidak diolah dan tidak memenuhi standart baku mutu serta kurangnya penegakan hukum dan edukasi menjadi aalah satu penyebab menurunnya kwalitas air sungai Citarum yang perlu dikelola agar tidak mencemari Sungai Citarum, " pingkas Dansektor 20 Kolonel Inf Kukuh Hartono, S.E. (Pendam III/Siliwangi).
Komentar Anda

Berita Terkini