|

Dalam Operasi Gabungan, Imigrasi Karawang sasar keberadaan WNA di Kabupaten Purwakarta


KARAWANG - dinamikajabar.com

Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Karawang bersama dengan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Purwakarta menggelar “Operasi Pengawasan Keimigrasian” disejumlah wilayah di Kabupaten Purwakarta.

Kegiatan operasi pengawasan keimigrasian tersebut dilaksanakan dalam waktu Dua (2) hari, yaitu pada Selasa dan Rabu (26-27/11/2019).

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Yan Edo Supomo mengatakan, terdapat 4 (Empat) perusahaan di wilayah Kabupaten Purwakarta yang mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang menjadi tujuan dari kegiatan Operasi Gabungan (Opgab) Pengawasan Keimigrasian.

Dari jumlah tersebut, terdapat lebih dari Seratus Warga Negara Asing (WNA) yang dilakukan pemeriksaan izin tinggalnya.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap WNA yang berada di wilayah kerja Kantor Imigrasi Karawang melakukan aktivitas sesuai dengan izin tinggal yang dimilikinya.

Selain melakukan pemeriksaan dokumen, kami juga melakukan wawancara dengan beberapa WNA perihal tujuan keberadaannya di wilayah Indonesia,” katanya.

Dari hasil pengawasan tersebut, lanjut Edo menjelaskan, tidak ditemukan adanya WNA yang melakukan pelanggaran hukum keimigrasian.

Dirinya berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan Operasi Gabungan tersebut, dapat semakin meningkatkan kesadaran kepada setiap perusahaan yang menggunakan TKA agar melakukan pelaporan secara berkala.

Selain itu, diharapkan dapat terjalin sinergisitas yang baik untuk menegakkan hukum keimigrasian di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Karawang.

Harapannya tentu kami menginginkan agar pihak perusahaan selalu berkoordinasi dan melaporkan apabila ada orang asing yang bekerja di perusahaannya, karena untuk menjaga kedaulatan hukum keimigrasian diperlukan peran aktif dari semua pihak, bukan hanya dari imigrasi saja, pungkasnya.


(Dikutip dari Tim Redaksi Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian)
Komentar Anda

Berita Terkini