|

21 MCK sudah dibuatkan oleh Satgas Citarum Sektor 19 untuk warga


KARAWANG - dinamikajabar.com

Bertekad membuat masyarakat hidup sehat dengan cara mengalihkan kebiasaan dari Buang Air Besar (BAB, red) di sungai/pakai helikopter ke Mandi Cuci Kakus (MCK, red) terus dilakukan oleh Satgas Citarum Sektor 19.

Tekad tersebut dibuktikan dengan sudah dibangunnya MCK untuk masyarakat yang sampai hari ini sudah sekitar 21 MCK dari Satgas Citarum Harum Sektor 19 untuk masyarakat.

MCK ke-21 dibangun diatas tanah yang diwakafkan oleh warga Dusun Kawali, Desa Pancawati, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang yang masuk dalam wilayah Subsektor 13/Pancawati.

Peresmian dilakukan langsung oleh Dansektor 19, Kolonel Inf Agoes Hari Soewanto yang didampingi oleh, Asep, warga yang telah mewakafkan tanahnya untuk dibuatkan MCK.


Hadir dalam peresmian tersebut, PJS Kades Pancawati, Engkos beserta Sekdes, Ketua BPD Desa Pancawati, Danton Sektor 19, Pelda Ilman beserta anggota, Bamin Sektor 19, Serka Roni Heryana, Tokoh Masyarakat, serta Tokoh Pemuda.

PJS Kades Pancawati, Engkos dalam keterangannya menyampaikan, terima kasih kepada Satgas Citarum Sektor 19, ini merupakan hal yang baik dan sangat bermanfaat bagi masyarakat kami, semoga hal baik ini bisa terus dilakukan.

Sementara itu, Asep, Tokoh Masyarakat yang juga pewakaf tanah mengatakan, saya ikhlas mewakafkan sedikit tanah saya untuk dibuatkan MCK oleh Satgas Citarum Sektor 19 untuk kepentingan bersama.

Saya prihatin karena masih banyak warga yang masih buang hajat di sungai, selain tidak baik untuk kesehatan, hal itu juga merupakan pencemaran, makanya alhamdulillah sekarang sudah ada MCK, terma kasih Satgas Citarum Sektor 19, pungkasnya.


Sedangkan dari Dansektor 19, Kolonel Inf Agoes Hari Soewanto menjelaskan bahwa pembuatan MCK ini dilakukan untuk mengalihkan warga yang masih BAB di helikopter agar pindah ke MCK.

Pasalnya, selain limbah industri dan sampah, kotoran manusia juga merupakan penyebab dari pencemaran Sungai Citarum, ujarnya saat ditemui di lokasi MCK, Rabu (27/11/19).

Menambahkan, Dansektor 19 juga menghimbau kepada masyarakat agar dapat merawat MCK ini dengan baik, jangan sampai sudah dibuatkan MCK tapi masih BAB ke sungai, mari kita saling mengingatkan tentang kebaikan dan bersama menjaga kebersihan lingkungan, tutupnya.(Rama)

Komentar Anda

Berita Terkini