|

Satgas Sektor 18 Gencar Lakukan Sosialisasi Program Citarum Harum.



KARAWANG - dinamikajabar.com

Satuan Tugas (Satgas) Citarum harum dari Sektor 18 terus gencar melakukan kegiatan sosialisasi program Citarum Harum kepada masyarakat.

Kali ini masyarakat Desa Kiara Payung yang mendapat sosialisasi program Citarum harum dari Satgas Citarum harum Sektor 18, yang bertempat di Aula Desa Kiara Payung, Kecamatan Klari, Karawang.

Satgas Citarum Harum Sektor 18 dalam kegiatan sosialisasi Program Citarum harum, ada Enam (6) Desa yang diberikan sosialisasi program Citarum harum diantaranya, Desa Kiara Payung, Desa Walahar, Desa Anggadita, Desa Gintung Kerta, Desa Kutamekar dan Desa Parungmulya.


Dalam Sosialisasi program Citarum harum di Desa Kiara Payung, Selain Komandan Sektor 18, Kolonel Utoh Zaendy S,Sos juga dihadiri oleh Kepala Desa Kiara Payung, H. Murdin Jaenudin SE, Dosen Unsika Karawang, Yusi Ardianti M.Pd, Kabid PPUD Satpol PP, Dr.H. Endeng SH, MN  Perwakilan dari Perusahaan PT. APF dan PT. Changsin serta masyarakat Desa Kiara Payung.

Acara juga di isi dari narasumber Dosen Unsika
Karawang, Yusi Ardianti M.Pd dan Kabid PPUD Satpol PP, Dr.H. Endeng SH, MN, narasumber dari Unsika mengajarkan kepada warga Desa Kiara Payung cara mengolah dan memanfaatkan sampah domestik supaya menjadi barang yang berguna, sedangkan Kabid PPUD Satpol PP menerangkan Penegakan Hukum, Edukasi, Hubungan Masyarakat.

" Desa Kiara Payung adalah Desa ketiga yang mendapat sosialisasi program Citarum harum dari satgas sektor 18, selain melakukan Sosialisasi ke masyarakat, kita juga melakukan sosialisasi ke sekolah -sekolah "kata Dansektor 18, Kolonel Utoh Zaendy S,Sos saat sosialisasi, Rabu (11/09/19).

Dansektor dalam acara sosialisasi memaparkan  program kerja satgas Citarum, dikatakannya,
Satgas Citarum Harum sendiri memiliki program - program kerja yang diantaranya, Penanganan Limbah Industri, Penanganan Limbah Cair Domestik, Pegelolaan Sampah, Pengendalian Pemanfaatan Ruang Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, Pengelolaan Sumber Daya Air, Penegakan Hukum, Edukasi, Hubungan Masyarakat, serta Pemantauan Kualitas Air.

" Tujuan dari sosialisasi tersebut adalah untuk membentuk mindset atau pikiran masyarakat Desa Kiara Payung agar tidak lagi membuang sampah ke sungai citarum dan bersama - sama menjaga kebersihan lingkungan, terutama pada DAS Citarum agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat " jelas Dansektor.

Dijelaskan Dansektor, dalam program Citarum harum, sungai Citarum sendiri dari Hulu sampai Hilir itu panjangnya 269 Kilometer dan Satgas Citarum harum dibagi menjadi Dua Puluh Tiga (23) sektor.

" 22 Sektor Satgas, 1 Sektor khusus Pembibitan dan di Karawang sungai Citarum itu panjangnya 120 Kilometer yang dibagi Lima (5) Sektor " ungkapnya.


Dansektor berharap, warga Desa Kiara Payung bersama Satgas Citarum Harum dapat bekerja sama menyelesaikan masalah yang ada seperti tidak lagi membuang sampah sembarangan.

" Beberapa kegiatan sudah Satgas lakukan seperti, melakukan pembersihan sampah yang tidak pada tempatnya  di sepanjang aliran sungai Citarum dan membersihkan tempat pembuangan sampah (TPS Liar) dan membuat Taman " ungkapnya.


Selain sosialisasi, usai acara Dansektor juga secara simbolis memberikan cendera mata kepada para tamu undangan agar bisa mendukung penuh dan bersama - sama membersihkan sungai Citarum melalui program Citarum harum. (Ade)


Komentar Anda

Berita Terkini