|

Pengurus DPC Gema Sunda Kecamatan Plered Resmi Dilantik



PURWAKARTA, dinamikajabar.com
Melestarikan nilai-nilai budaya sangat perlu untuk terus di pupuk sejak dini, agar budaya kita (budaya sunda) yang memiliki nilai adi luhung tetap terjaga dengan baik.

Karena budaya sunda merupakan warisan leluhur yang sarat dengan makna dan nilai-nilai kearifan lokal, sehingga kita bersama perlu menjaga dan melestarikannya.

Demikian hal itu disampaikan Camat Kecamatan Plered, Asep Senjaya, dalam sabutannya saat pelantikan pengurus DPC Gerakan Masyarakat Sunda (Gema Sunda) Kecamatan Plered Purwakarta.

"Salah satu budaya warisan leluhur kita yaitu pencak silat. Kedepannya kita harus bisa bersinergi untuk memajukan pencak silat, yaitu di daerah sini ada budaya ibing pencak silat. Ibing pencak silat plrededan hampir tergerus jaman, kedepannya kita akan mengadakan kegiatan Ibing Pencak Silat Pleredan sebagai langkah untuk melestarikan budaya lokal. Saat ini sudah mulai dirangkai kembali jurus-jurus pencak silat, berupa ibing pencak silat pleredan," beber Camat Plered panjang lebar.

Masih ditempat yang sama, menurut anggota dewan Ceceng Abdul Qodir, yang juga hadir di lokasi, sangat mendukung dengan adanya pelantikan pengurus gema sunda kecamatan plered.

"Gema Sunda kalau saya lihat bergeraknya bukan hanya di bidang budaya, tetapi juga bergerak dibidang sosial, pemberdayaan ekonomi kemasyarakatan dan yang paling utama saya lihat keagaaman juga selalu beriringan dalam setiap kegiatan," kata Ceceng, yang merupakan salah satu anggota dewan termuda di kabupaten purwakarta.

Sementara untuk kegiatan sendiri, setelah pelantikan para pengurus DPC Gema Sunda, seluruh pengurus dan anggota gema sunda setempat yang berjumlah puluhan orang menandtangani fakta intregritas bebas dari Narkoba. (Red/Tesyar)
Komentar Anda

Berita Terkini