|

Pengecekan WWTP oleh Satgas Citarum Harum Sektor 17


KARAWANG - dinamikajabar.com

Pengecekan Waste Water Treatment Plant (WWTP, red) oleh Satgas Citarum Harum Sektor 17 di kawasan industri suryacipta, pada Jum'at 13 September 2019 dipimpin langsung oleh Dansektor, Kolonel Inf Solapide Dolok Saribu, S.Sos.

Sebagaimana tugas utama dari Satgas Citarum Harum yaitu mewujudkan sungai citarum kembali asri sehingga airnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan generasi kedepan.

Dalam pengecekan tersebut, Dansektor juga didampingi oleh Danki, Kapten Inf Sukarya dan anggota Satgas Citarum Harum Sektor 17 lainnya.

Kegiatan pengecekan dilakukan untuk memastikan kalau pengolahan air limbah di kawasan Surya Cipta telah melalui proses pengolahan yang benar sehingga Outfall yang dikeluarkan tidak membahayakan ekosistem.

Saat melakukan pengecekan, Dansektor beserta rombongan diterima langsung oleh pihak management kawasan surya cipta kemudian mengecek langsung proses pengolahan air limbahnya.

Pengolahan air limbah oleh kawasan surya cipta sudah sesuai dengan aturan, hasil olahannya juga bisa digunakan untuk menyiram tanaman dan juga untuk memelihara ikan, jelas Dansektor, Jum'at (13/09/19) saat dilokasi.

Lebih lanjut, Dansektor mengatakan, hal ini harus dipertahankan, jadi kalau benar mengolahnya tidak masalah dibuang ke sungai juga, karena sudah tidak mengandung bahan yang berbahaya, ungkapnya.

Sementara itu, Nina selaku management Kawasan Surya Cipta mengaku bahwa seluruh limbah cair dari Kawasan Surya Cipta ditampung di WWTP untuk selanjutnya dilakukan pengolahan, dan air hasil
pengolahan dimasukan Ikan Emas untuk memastikan bahwa air aman terhadap Biota.

Setelah dipastikan aman, baru selanjutnya air dialirkan ke Danau untuk kemudian mengalir menuju Sungai Citarum, pungkasnya.(Rama)

Komentar Anda

Berita Terkini