|

Pemeriksaan Gratis Penyakit Tidak Menular Bagi Lansia dan Warga Desa Linggasari



PURWAKARTA, dinamikajabar.com
Puskesmas Darangdan Kabupaten Purwakarta Jawa. Petugas dari Puskesamas Darangdan, yaitu Ikah Siti Barkah, Amd.Keb dan Ades Budiana, AmKep barat bersama lima orang calon Dokter dari Unversitas Kristen Maranatha Bandung, yakni Muhamad Iqbal, Audiri Rizky, Shendy Rojalina, Nabilla Rinjani menyelenggarakan Gebyar Deteksi Dini Penyakit tidak Menular (PTM) dan Pemeriksaan Kesehatan bagi Lanjut Usia (Lansia) Kamis 12/09/2019 bertempat di Balai Cipta Rasa Desa Linggasari Kecamatan Darangdan.

Bidan Ikah Siti Barkah menangani khusus mendeteksi penyakit Lansia, kemudian Ades Budiana mendeteksi Penyakit Tidak Menular (PTM).

Menurut Muhamad Iqbal bahwa PTM adalah penyebab kematian terbanyak di Indonesia.
Keadaan dimana penyakit menular masih merupakan masalah kesehatan penting dan dalam waktu bersamaan norbiditas dan noralutas.


PTM makin meningkat merupakan beban ganda dalam pelayanan kesehatan tantangan yang harus di hadapi dalam pembangunan bidang kesehatan di Indonesia.
PTM berdampak negatif pada ekonomi dan produktivitas bangsa.
Penyakit tidak menular, diantaranya Rematik, Sariawan, Hipentensi, Osteoporosis dan Depresi.

Kemudian penyakit Lansia yang kerap terjadi masyarakat, yaitu Rematik, Sariawan, Hipertensi, Osteoporosis dan Depresi "Katanya"

Sekretaris Desa (Sekdes) Linggasari Riza  Umami, S.Pd mewakili Kepala Desa Linggasari Budi Sahbudin dalam kata sambutannya, Alhamdulillah Desa Linggasari mendapat kepercayaan dari Dinkes Kabupaten Purwakarta melalui Puskesmas Darangdan untuk di selenggarakannya Gebyar Deteksi Gratis terhadap warga Desa Linggasari mengenai Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Deteksi penyakit Lansia.

Hal itu menurut Sekdes Riza Umami sebuah kadeudeuh terhadap warga dalam bidang kesehatan.

Untuk itu kami mengucapkan terimakasih terhadap Pemkab Purwakarta dalam hal ini Dinkes Kabupaten Purwakarta, terutama sekali kepada Kepala Puskesmas Darangdan. "Pungkas Riza"(Bah Endang)
Komentar Anda

Berita Terkini