|

Kodim Purwarkarta Fokuskan Pembenahan Saluran Air dan Perbaikan Jalan Di Cempaka



PURWAKARTA, dinamikajabar.com Kodim 0619/Purwakarta fokus pada pembersihan dan perbaikian saluran air (drainase) di Desa Cisaat, Kecamatan Campaka untuk mengantisipasi datangnya musim penghujan. Pembersihan dan perbaikan saluran air ini dilaksanakan oleh personel Koramil 1904-Cempaka. 

Kegiatan yang dilaksanakan bersama warga ini merupakan bagian dari program TNI Manunggal membangun Desa (TMMD) ke-106 yang digelar di wilayah Kodim 0619 Purwakarta. Memasuki awal pelaksanaan TMMD ke-106 ini, Kodim 0619 Purwakarta memiliki berbagai program rehabilatasi, pembangunan sarana dan prasarana desa serta kegiatan non fisik lainnya meliputi sosialisasi program pemerintah maupun kegiatan keagaamaan dan wawasan kebangsaaan. 

Dandim 0619 Purwakarta Letkol Arh Yogi Nugroho, Minggu (29/9/2019),  menegaskan, saat ini jajarannya fokus membantu pemerintah daerah untuk membangun infrastruktur sarana pokok masyarakat yang dikolaborasikan dalam program TMMD 106. Dikatakannya, ada dua kegiatan dalam TMMD ke 106 ini, yakni kegiatan fisik dan non fisik.

"Untuk yang fisik, kami akan membangun dan pengecoran jalan sepanjang 650 meter, termasuk pelebarannya menjadi  empat meter, kemudian, gorong-gorong dan TPT," ujar Yogi. 

Dalam pembangunan jalan penghubung di Desa Cisaat Kecamatan Campaka , ada jalan sepanjang 650 meter yang akan dibangun, termasuk pembuatan saluran air (gorong-gorong) untuk mengantisipasi datangnya musim penghujan dalam waktu dekat ini, “ imbuhnya. 

Selain pembangunan fisik pembuatan jalan, kata Yogi, ada juga kegiatan fisik lainnya di antaranya rehab rumah tidak layak huni, pembangunan Poskamling dan penyempurnaan bangunan masjid di desa tersebut.

Dalam kegiatan TMMD ke 106 ini, sambung dia, pihaknya menerjunkan 150 personelnya dan untuk pengerjannya sendiri, ditargetkan rampung selama 30 hari kedepan.

“Persiapan awal kami melakukan perbaikan jalan sepanjang kurang lebih 6,5 kilometer serta pembuatan gorong gorong saluran air  yang dilalui menuju lokasi sasaran TMMD melewati Desa Cisaat dan Desa Ciparungsari,  dengan tujuan untuk memudahkan akses menuju lokasi sasaran TMMD, “ imbuhnya. 
Sejarah jalan di Desa Cisaat awalnya merupakan  jalan setapak yang  digunakan oleh masyarakat setempat untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Pada musim penghujan, warga mengeluhkan kondisi jalan yang becek dan licin bila musim penghujan. 

Diungkapnnya, Pada Rakornis TMMD ke 106 yang digelar di Markas Besar Angkatan Darat yang lalu, TMMD 106 ini menggandeng  Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan, selain sasaran fisik, pihaknya juga ingin mengedukasi masyarakat pentingnya menjaga kelestarian lingkungan agar dapat mengantisipasi berbagai bencana alam.

“Kami telah mempersiapkan berbagai kebutuhan bahan material untuk perbaikan jalan dan pembuatan gorong-gorong, semoga dengan peran aktif masyarakat bersama Satgas TMMD, apa yang direncanakan dapat diselesaikan tepat waktu, “ imbuhnya. 

Sementara itu Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika sangat mengaperesiasi adanya keterlibatan TNI dalam pembangunan di wilayahnya. Apalagi, yang menyakut dengan kebutuhan masyarakat. 

"Tugas TNI, tidak hanya menjaga kedaulatan negara. Lebih dari itu, TNI adalah sahabat masyarakat paling depan," kata Anne. (Red/Tesyar)
Komentar Anda

Berita Terkini