-->
    |

Tunjukan Progres Perbaikan, Out Fall Dua (2) Perusahaan di Purwakarta dibuka



PURWAKARTA - dinamikajabar.com

Sebagai salah satu penyebab pencemaran Kali Cilamaya yang bermuara ke Bendungan Barugbug, Jatisari, Karawang, Dua (2) Perusahaan yang berada di wilayah Kab Purwakarta dilakukan penutupan Out Fall nya.

Penutupan sendiri dilakukan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 19 berdasarkan dari temuan saat dilakukan pengecekan baku mutu oleh Dansektor 19, Kolonel Inf Agoes Hari Soewanto yang ternyata hasilnya diatas ambang yang diperbolehkan.

Paska penutupan kedua perusahaan tersebut terus melakukan perbaikan terhadap baku mutu air limbahnya sampai menunjukan progres yang bagus.

Pihak perusahaan pun melaporkan serta menunjukan kepada Dansektor 19 atas progres dari perbaikan baku mutu tersebut, yang kemudian ditindak lanjuti oleh Dansektor dengan kembali mengecek air limbahnya.

Kondisi Out Fall yang sudah dibuka corannya

Setelah dilakukan pengecekan ternyata hasilnya menunjukan ada progres perbaikan dan baku mutunya pun mendekati yang diperbolehkan.

Dua (2) perusahaan yang saya tutup out fallnya hari ini saya cek kembali air limbahnya dan hasilnya menunjukan perubahan yang bagus, jadi penutupan out fallnya bisa dibuka, namun tetap kami pantau, jelas Dansektor 19, Kolonel Inf Agoes Hari Soewanto, saat memberikan keterangan, Jum'at (09/08/19).

Lebih lanjut Dansektor menjelaskan, walaupun sudah menunjukan hasil yang bagus, namun dalam waktu Dua (2) bulan kedepan akan kami pantau terus, jika kedapatan berubah jelek lagi, ya ditutup lagi.

Satgas Citarum akan bertindak tegas dalam penanganan pencemaran sungai, siapa pun itu, perusahaan manapun, akan kami tindak, ini semua dilakukan demi masa depan anak cucu kita, tegas Dansektor.

Sementara itu, Etin Rodiana, Direksi PT San Fu Indonesia (Salah satu PT yang ditutup out fallnya, red) mengatakan akan taat dengan aturan yang ada, kami akan terus melakukan perbaikan hingga mencapai hasil yang baik, ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, Dansektor 19, Kolonel Agoes Hari Soewanto didampingi oleh Danki 3 Satgas Citarum Harum Sektor 19, Kapten Inf Wawan Triyuana beserta 2 orang anggota, Camat Cibatu diwakili Kasi PMD, Heriyanto, Kapolsek Cibatu diwakili Kanit Sabhara, Ipda Ruslan, Danramil Campaka diwakili Dan Pos Cibatu, Serma Agus Sonjaya, Kanit Intel Polsek Cibatu, Aiptu Budi, Kabid Penataan Dinas LHK Kab. Purwakarta, Drs Lukman Nurhakim, Kabid P2KL Dinas LHK Kab. Purwakarta, Drs Iwan Kuswadi, serta Kassubag TU Lab Dinas LHK Kab. Purwakarta, Futiha Nazar.(Rama)

Komentar Anda

Berita Terkini