-->
    |

Tegas....Satgas Citarum Harum Sektor 19 tutup Saluran Pembuangan Air Limbah atau Out Fall Tiga (3) Perusahaan di Purwakarta

Anggota Satgas Citarum Harum sedang melakukan pengecoran Out Fall

PURWAKARTA - dinamikajabar.com

Tindak lanjut dari hasil sidak yang dilakukan oleh Satgas Citarum Harum Sektor 19, Rabu 31 Juli 2019 kemarin terhadap perusahaan - perusahaan yang membuang air limbahnya ke Kali Cilamaya adalah penutupan Out Fall atau saluran pembuangan air limbah perusahaan - perusahaan tersebut.

Dipimpin langsung oleh Danki 3, Satgas Citarum Harum Sektor 19, Kapten Inf Wawan Triyuana, Kamis 01 Agustus 2019, atas instruksi dari Dansektor 19, Kolonel Inf Agoes Hari Soewanto, sebanyak Tiga (3) Perusahaan didaerah Purwakarta telah dilakukan penutupan Out Fall dengan cara di cor.

Penutupan Out Fall dilakukan oleh Satgas Citarum, karena baku mutu air limbah ketiga perusahaan tersebut tidak memenuhi syarat, setelah sebelumnya dilakukan pengetesan oleh Dansektor 19 terhadap air limbah ketiga perusahaan tersebut.

Dalam keterangannya, Danki 3 Satgas Citarum Harum Sektor 19, Kapten Inf Wawan Triyuana menjelaskan, hari ini saya dan anggota telah melakukan penutupan Out Fall Tiga (3) perusahaan yang kedapatan membuang air limbahnya ke kali cilamaya.

Kali Cilamaya sendiri aliran airnya bermuara ke Bendungan Barugbug, dan saat ini kualitas air dibendungan barugbug sangat kotor dan bau bahan kimia, ini jelas pencemaran, ungkap Danki saat ditemui dilokasi, Kamis (01/08/19).

Lebih lanjut, Danki mengatakan, penutupan ini tidak bersifat permanent, coran bisa dibuka kembali setelah perusahaan memperbaiki kualitas air limbahnya sesuai dengan baku mutu yang sudah ditentukan, sehingga ketika dibuang ke kali sudah tidak berbahaya lagi.

Tindakan tegas Satgas Citarum Harum ini dilakukan sebagai efek jera kepada perusahaan - perusahaan yang bandel dan masih membuang air limbahnya ke sungai tanpa mengolahnya terlebih dahulu.

Dalam penindakan Satgas Citarum Harum pun sesuai dengan prosedur dan atas perintah pimpinan, Satgas juga tidak pandang bulu, perusahaan yang melanggar ya kami tindak, tegas Danki.(Rama)

Komentar Anda

Berita Terkini