|

Langkah Tepat Presiden untuk Papua: Tindak Tegas Pelaku Rasisme dan Pendekatan Kesejahteraan



JAKARTA, dinamikajabar.com
Presiden Joko Widodo baru saja menggelar konferensi pers singkat terkait Papua (Kamis, 22 Agustus 2019, sekitar pukul 18.00). Dalam pernyataannya, ada dua pernyataan tegas dari Presiden yang merupakan langkah tepat negara terkait Papua.

_Pertama,_ Presiden menyatakan, *“Saya juga telah memerintahkan kepada Kapolri untuk menindak secara hukum tindakan diskriminasi ras dan etnis yang rasis secara tegas. Ini tolong digarisbawahi.”* Bagaimanapun, tindakan rasis tidak dibenarkan atas dasar apa pun. Negara harus menindak tegas aparat yang telah mengeluarkan ujaran rasis kepada saudara-saudara dari Papua dalam aksi massa di Surabaya dan Malang.




_Kedua,_ peningkatan kesejahteraan adalah kunci untuk membuat Papua maju bersama dengan daerah-daerah lain di Indonesia. *Presiden menyatakan akan mengundang tokoh-tokoh Papua, baik tokoh adat, tokoh agama, maupun tokoh masyarakat untuk bersama-sama membicarakan tentang percepatan kesejahteraan di Papua.* Komitmen Presiden Jokowi pada pemerataan kesejahteraan di Papua selama ini memang sudah tidak diragukan lagi. Pembangun infrastruktur serta perekonomian di Papua selalu menjadi perhatian Pemerintah Pusat.

Kita semua berharap agar situasi di Papua segera kondusif kembali. Kita bersama-sama menginginkan agar kita terus saling menghargai sebagai saudara sebangsa dan setanah air.

Gumilar Abdul Latif

Komentar Anda

Berita Terkini