|

Komandan Lanud Suryadarma Terima Tim Wasrik BPK RI



SUBANG, dinamikajabar.com Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Sc, Kamis (15/8) menerima rombongan Tim Pengawasan dan Pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI di Ruang Rapat Mako Lanud Suryadarma. 

Tim yang beranggotakan 6 orang ini di bawah pimpinan Edy Witono, S.E., M.M.,A.K, selaku Wakil Penanggung Jawab. Menurut rencana, Tim Pengawasan dan Pemeriksaan ini akan berada di Lanud Suryadarma hingga Jumat (16/8) mendatang. 

Danlanud Suryadarma dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan pemeriksaan atas pengelolaan aset tetap khusus, aset tanah, aset gedung dan bangunan tahun 2017, 2018 dan 2019 di Lanud Suryadarma yang dilaksanakan oleh tim BPK RI ini, merupakan salah satu upaya pembinaan dan pengendalian guna mewujudkan tertib manajemen, terutama pada bidang pengelolaan aset tetap khusus,  aset tanah dan aset gedung dan bangunan tahun 2017, 2018 dan 2019. 

“Saya berharap,  kehadiran tim BPK RI dalam melaksanakan tugas pengawasan dan pemeriksaan di Lanud Suryadarma ini, tentunya dapat memberikan masukan yang nantinya dapat kami gunakan untuk membenahi kembali kekurangan yang ada dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ditemui. 


Sehingga akan diperoleh solusi terbaik yang bermuara kepada pembenahan dalam peningkatan kinerja. Terutama yang berkaitan pada ketaatan, ketertiban, efektivitas dan efisiensi serta disiplin anggaran”, ujar Danlanud.

Lebih lanjut Danlanud menyampaikan, untuk memberikan data up to date sesuai bidang tugasnya, terutama berkaitan dengan laporan inventaris kekayaan milik negara (IKMN) juga harus dibuat secara lengkap, dan dapat diimplementasikan pelaksanaannya ke dalam sistem informasi manajemen dan akuntansi barang milik negara (Simak BMN). 

“Apabila nantinya ditemukan kekurangan-kekurangan atau permasalahan khususnya mengenai pencatatan aset yang belum teregistrasi dapat dikoordinasikan agar dapat diperbaiki dan disempurnakan”, tegas Alumni AAU 89.

Sementara Edy Witono, S.E., M.M.,A.K menegaskan, walaupun kehadiran Tim Pengawasan dan Pemeriksaan BPK di Lanud Suryadarma merupakan tugas rutin, namun akan dikatakan berhasil apabila temuan-temuan selama pelaksanaan pengawasan dan pemeriksaan dapat diterima secara positif dan ditindaklanjuti sesuai rekomendasi yang diberikan.

Disela-sela kegiatan Wasrik, Danlanud Suryadarma Marsma TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Sc, Kadislog Lanud Suryadarma Kolonel Tek Budhi Arifa Chaniago dan Kapen Lanud Suryadarma Letkol Sus Gerardus Maliti, S.Sos., M.Si serta Tim BPK RI juga berkesempatan untuk mengunjungi obyek sejarah yang ada Di Lanud Suryadarma yaitu Rumah Sejarah, dikesempatan tersebut Tim BPK RI, menerima penjelasan dari Staf Disbudpar Kabupaten Subang Ibu Fitri dan Kadislog Lanud Suryadarma Kolonel Tek Budhi Arifa Chaniago yang menjelaskan awal berdirinya rumah sejarah Lanud Suryadarma ini yang dulunya merupakan tempat tinggal Perwira Staf dari Sekolah Penerbang Hindia Belanda di Pangkalan Udara Kalijati.

“Saya Berharap agar obyek sejarah yang di Lanud Suryadarma ini, dapat dijaga dan dilestarikan dimasa-masa mendatang. Rumah ini sangat bersejarah agar tetap dijaga dan dilestarikan”, Ujar Edy Witono, S.E., M.M.,A.K.

Senada dengan Bapak Edy Witono, S.E., M.M.,A.K, Kadislog Lanud Suryadarma Kolonel Tek Budhi Arifa Chaniago menambahkan bahwa Rumah sejarah Lanud Suryadarma ini adalah saksi bisu dari penyerahan kekuasaan Belanda kepada Jepang pada tanggal 8 Maret 1942”, Terang Kadislog Lanud Suryadarma. (Pen Sdm/Red/Ddg)

Komentar Anda

Berita Terkini