-->
    |

Kg Jimmy Wabup Karawang Merdeka itu????.




KARAWANG dinamikajabar.com
Petang tadi sambil berkendara, di mana-mana, di kota, di kampung, di Ibu Kota, di pelosok, tua, muda, anak-anak, hingga berbagai grup percakapan di WhatsApp dipenuhi oleh pesan kemerdekaan, 

tak sengaja saya mendengarkan sebuah siaran radio yang sedang menanyai beberapa orang terkait kemerdekaan. Sang penyiar menanyakan apakah Indonesia telah benar-benar merdeka menurut mereka?

Jawaban pun meluncur dari beberapa orang-orang yang ditanyai. Kalau saya dirangkum, kurang lebih beginilah jawaban dari sebagian orang di siaran radio tersebut: melihat dari beragam persoalan yang masih membelit negeri kita saat ini terlalu dini untuk mengatakan bahwa Indonesia telah sepenuhnya merdeka. Bahkan, kata sebagian yang lain, kemerdekaan masih berjarak dengan realita kita saat ini.


Barangkali bukan hanya di radio tadi pertanyaan seperti ini kerap muncul, begitupun dengan jawaban yang senada. Bisa jadi, sebagian dari kita pernah bertanya hal yang sama. Serius maupun iseng, di ruang-ruang seminar maupun obrolan kedai kopi.

Sebagai sebuah bangsa, saya termasuk yang berpendapat sangat baik kita berani bertanya hal mendasar dan reflektif seperti ini. Agar kita tidak buru-buru berpuas diri terhadap segala pencapaian. Agar di tengah optimisme, kita selalu menyediakan ruang untuk melakukan evaluasi. Bukankah Ini penting, agar kita dapat terus maju untuk mencapai hasil yang lebih baik dari hari ini dan kemarin.


Omong-omong tentang apakah Indonesia sudah benar-benar merdeka, pada peringatan ke 74 tahun kemerdekaan RI tahun 2019.

lalu kami pun pernah melakukan wawancara ke bebeberapa orang dari berbagai latar belakang pekerjaan tentang makna kemerdekaan bagi mereka. Mirip sekali dengan siaran radio yang saya dengar tadi sore.

hingga kini setiap kami ulang pertanyaan kepada siapapun di berbagai kesempatan, pola jawabannya nyaris sama.

“Apa sih masalah yang seharusnya sudah tidak ada di Indonesia saat ini?” begitu salah satu pertanyaan kami.



Wabup Karawang Kg Jimmy Zamakhsyari ketika di tanya apa kita sudah merdeka ?

Merdeka Itu Bebas Pengangguran & Mudah dalam Akses Modal Untuk Melawan Kejam Nya Rentenir, atau Bank Emok,Merdeka Itu Tidak ada SD Yang Jelek Apalagi Roboh, Merdeka Itu Rakyat Duduk Bareng dengan Pemimpin Nya, Merdeka Itu MEMBANGUN DESA MENATA KOTA, Merdeka Itu Bawa PERSIKA ke Liga I,

Ya Itulah Cita Cita Saya Yang Sepenuhnya BELUM Bisa di Laksanakan, Untuk Itu Saya Mohon Maaf Yang Sebesar-besarnya, Semoga di Tahun 2021 Saya & Semua Sahabat Tercinta Bisa Mewujudkan Nya, Amin Ya Rob,

Tambahnya yang masih menjadi persoalan antara lain adalah bidang pendidikan, karena pendidikan saat ini masih mahal, dan masih belum semua orang bisa mendapatkan pendidikan secara layak.

Dengan kata lain, merdeka seharusnya adalah kondisi di mana tidak ada lagi kemiskinan, kesejahteraan merata, keadilan berdiri tegak tanpa diskriminasi, setiap anak bangsa bebas bekerja dan berkarya di negeri sendiri, dan .... masih banyak lagi.ujar Kg Jimmy Zamakhsyari.

Dadang Aripudin


Komentar Anda

Berita Terkini