-->
    |

TNI Bersama Warga Desa Sawit Darangdan Aktif Membersihkan DAS Cisomang



PURWAKARTA, dinamikajabar.com 
Lima orang anggo TNI yaitu Pelda Sutaryo, Serma Unang Sunarya, Serka Rusman, Serka Ridwan dan Serda Pularso dari Koramil 1903 Darangdan-Bojong Kodim 0619 Purwakarta  bersama sepuluh orang warga Desa Sawit Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta, Selasa 23/07/2019 mengerjakan  membersihkan Daerah Air Sungai (DAS) Cisomang Desa Sawit.

Menurut Pelda Sutaryo Babinsa Desa Sawit bahwa DAS Cisomang yang berlokasi di Desa Sawit,  tepatnya di perbatasan Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung barat, telah  mendapat peninjauan dan penyisiran langsung ke lokasi DAS Cisomang oleh  Komandan Satgas Sektor-13 Citarum Harum Kolonel Inf Nazwardi Irham.

Kami dari personil Koramil 1903 Darangdan-Bojong Kodim 0619 Purwakarta yang di terlibat langsung ke Satgas  Sektor 13 Citarum Harum sudah melaksankan membersihkan aliran DAS Cisomang bersama warga sejak hulu Desa Nanggewer Kecamatan Darangdan hingga Hilir Desa Mekarsari Kecamatan Darangdan.

Lanjut Pelda Sutaryo bahwa DAS Cisomang di Desa Nanggewer mengalir melawati Desa Sawit dan seterus mengalir melewati beberapa wilayah Desa yang ada di Kecamatan Darangdan  berujung di wilayah Desa Mekarsari kemudian bermuara di Waduk Jatiluhur seterusnya air tersebut mengalir ke daerah Karawang.
Di  Kecamatan Darangdan hanya satu desa yang bedekatan dengan DAS Citarum yaitu Desa Mekarsari "Kata Pelda Sutaryo"

Penjelasan Kepala Desa Sawit Edi Kurnaedy, bahwa kami berulang ulang kali melalui rapat minggon desa menghimbau kepada warga Desa Sawit melalui Rw dan Rt bagi warga yang berdekatan dengan aliran DAS Cisomang di larang keras membuang sampah ke sungai tersebut, bahkan sebaliknya kami menekankan untuk memelihara dan merawat sungai agar air sungai tersebut bersih.

Kades Sawit merasa bangga kepada anggota TNI dari Koramil 1903 Darangdan yang selalu aktip membersihkan DAS Cisomang sehingga Alhamdulillah saat ini DAS Cisomang enak di pandang "Pungkas Edi Kurnaedy"
 (Bah Endang)
Komentar Anda

Berita Terkini