|

Revitalisasi Sungai Kalimalang oleh Satgas Citarum Harum Sektor 17


KARAWANG - dinamikajabar.com

Dengan menurunkan alat berat berupa Escavator PC 200, Satgas Citarum Harum Sektor 17 melakukan revitalisasi dan pengerukan di aliran sungai kalimalang yang dimulai dari BTB 21A.

Dalam kegiatan yang dilaksankan pada, Selasa (16/07/19) tersebut antara lain, melakukan pengerukan sebagian dasar sungai yang dangkal, pemopokan sedimentasi, membuat tanggul pengaman alat berat untuk mengantisipasi apabila datang hujang secara tiba - tiba dan arus air deras.

Kegiatan sendiri dipimpin langsung oleh Dansektor 17, Kolonel Inf Solapide Dolok Saribu serta didampingi oleh Dan SSK, Kapten Inf Sukarya.

Dalam keterangannya, Dansektor 17, Kolonel Inf Solapide Dolok Saribu mengatakan, revitalisasi dilakukan dengan tujuan agar ketika debit air tinggi airnya tidak meluap ke jalan dan pemukiman warga.

Kami lakukan pengerukan juga agar sungai lebih dalam, kami angkat lumpurnya, mudah - mudahan setelah direvitalisasi dan dikeruk debit air bisa stabil, ujarnya.

Sementara itu, Dan SSK, Kapten Inf Sukarya, yang juga menjabat sebagai Danramil 0411/Telukjambe, Kodim 0604/Karawang menambahkan, revitalisasi adalah salah satu cara untuk melestarikan sungai citarum.

Hal tersebut dikarenakan, sungai kalimalang bermuara ke sungai citarum juga, jadi kualitas airnya pun harus dijaga sebelum mencapai ke citarum, karena mencegah lebih baik daripada mengobati, tuturnya.(Rama)
Komentar Anda

Berita Terkini