-->
    |

Danyon Armed 9 Pasopati Kostrad Berikan Wawasan Kepemimpinan Kepada Ratusan Pelajar SDIT Al-Muhajirin Purwakarta


Foto: Danyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor Arm Andi Achmad Afandi tengah memberikan wawasan kepemimpinan dihadapan ratusan pelajar SDIT Al-Muhajirin Purwakarta.

PURWAKARTA, dinamikajabar.com
Tidak semua orang ditakdirkan untuk menjadi pemimpin. Akan tetapi bukan berarti tidak ada kesempatan untuk mempelajari sifat kepemimpinan.

Hal tersebut diungkapkan Komandan Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor Arm Andi Achmad Afandi dihadapan ratusan Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Muhajirin Purwakarta di Aula Yonarmed 9 Pasopati Kostrad, Jalan raya Sadang-Subang, Kelurahan Ciseureuh, Purwakarta.

"Sikap kepemimpinan (leadership) patut ditanamkan sejak masa kanak-kanak. Sebab sikap seperti ini tak hanya penting untuk membimbing orang lain, tetapi juga bermanfaat untuk diri sendiri," kata Mayor Arm Andi, saat ditemui di Markas Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Jumat (19/7/2019). 


Menurutnya, siswa yang mempelajari dasar-dasar kepemimpinan akan punya kemampuan untuk mengenali dirinya sendiri. Hal ini tentu akan membuat siswa jadi merasa lebih percaya diri dengan kemampuan dan bakat yang dimilikinya.

"Siswa yang percaya diri mampu menetapkan proses pendidikan terbaik yang ia butuhkan. Termasuk ketika masuk ke dunia kampus ketika beranjak dewasa. Memiliki sifat kepemimpinan hendaknya dimulai dari memimpin diri sendiri menuju ke tingkat pendewasaan," jelasnya. 

Nantinya, lanjut Andi, Siswa yang memahami dasar kepemimpinan sudah pasti memiliki sikap yang lebih disiplin. Sikap disiplin ini patut dijalankan untuk mencapai keteraturan dalam bergaul, berorganisasi, maupun dalam memimpin sesuatu.

"Bila seorang siswa mendapatkan contoh sikap kepemimpinan yang baik, sudah pasti hal tersebut akan melekat kuat dan menjadi salah satu pedoman dalam bergaul maupun membentuk komunitas. Maka dari itu kami tanamkan wawasan kepemimpinan bagi para siswa-siswi SDIT Al-Muhajirin ini," pungkasnya. 

Sementara Kepala SD Plus 2 Hj. Lia Yulindaria, M.Pd hadir mendampingi LDKS tersebut, beliau mengatakan agar kegiatan LDKS tidak monoton di lingkungan sekolah maka kami berinisiatif untuk berkunjung ke Yon Armed 9.

“Alhamdulillah para santri semangat menerima materi tentang kepemimpinan, karena disampaikan ahlinya yaitu oleh komandan Yon Armed,”Katanya.
(Red/Tesyar) 
Komentar Anda

Berita Terkini