|

Dana Desa diduga disunat pekerjaan tidak sesuai dengan rencana anggaran belanja, ( RAB)




PURWAKARTA,dinamiakajabar.com 
Desa Sumbersari Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta mendapat anggaran Dana Desa tahap satu tahun 2019 yang dialokasikan untuk pembangunan TPT panjang 30 meter dan jalan lingkungan panjang 400 meter terdapat ke janggalan dan mulai disorot masyarakat.

Pasalnya, dalam pelaksanaan baik TPT maupun Jaling penggunaan matrialnya diduga tidak sesuai dengan rencana anggaran belanja, ( RAB) bahkan untuk jalan lingkungan dari 400 meter di duga tidak sesuai RAB, dan baru dikerjakan sekitar 280 meter.


Menurut salah satu tokoh masyarakat Desa Sumbersari, Endang Bachrudin, mengatakan, pembangunan TPT diduga hanya menghabiskan anggaran sekitar 9 juta. Sedangkan dalam RAB anggaran untuk TPT sepanjang 30 meter, tinggi 1.5 meter, adalah sebesar Rp. 30.650.000.

“Untuk anggaran Jaling, dalam RAB sekitar 74 juta dengan panjang 400 meter dan lebar 1 meter,” ungkapnya, Jum'at (12/07/2019).






Menurut Endang, sementara anggaran yang dipergunakan untuk Jaling disinyalir hanya menghabiskan 20 juta. Penggunaan anggaran yang terserap oleh dua kegiatan itu setelah melihat kondisi dan melaksanakan cek and ricek dilapangan baik untuk TPT maupun Jaling, jauh dari pagu atau RAB, karena informasi dari pekerja untuk TPT yang berlokasi di Kp Sumbersari RT 04 RW 02 hanya menghabiskan material batu sekitar 4 mobil,
pasir 3 mobil dan semen 50 sak.

“Maka total diduga hanya menghabiskan dana sekitar
9.500.000,” kata Endang.

Kemudian, Jaling yang berlokasi di kampung Sumbersari Rt 02 Rw 01 dan Rt 01 Rw 01 panjang sekitar 400 metet dan lebar 1.5 meter, menghabiskan material batu 5 rit, split 3 rit, pasir 5 rit dan semen 100 sak.
 
“Dalam RAB anggaran jaling sebesar Rp 47 juta,” ujarnya.

Sementara kades Sumbersari, Didin Syamsudin, saat dikonfirmasi melalui handphone nya yang bersangkutan sedang berada di Plered.

“Silahkan temui Sekdes aja,” singkat kades. 

Ahmadsyah/ Dadang Aripudin


Komentar Anda

Berita Terkini