|

Pengelolaan Sampah oleh pihak Ketiga masih dianggap belum sempurna, tapi bisa meminimalisir penumpukan sampah



KARAWANG - dinamikajabar.com

Permasalahan sampah di Karawang terus menuai reaksi dan kritik, dari mulai sampah rumah tangga sampai sampah pasar. Reaksipun tidak hanya datang dari masyarakat biasa saja, melainkan datang dari Wakil Bupati (Wabup) dan juga Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Karawang.

Pasalnya pengelolaan sampah yang di kerja samakan dengan pihak ketiga dianggap belum dapat mengatasi problem sampah dimasyarakat, seperti sampah rumah tangga dan sampah pasar.

Tapi, pendapat berbeda diutarakan oleh pemerhati politik dan pemerintahan, Andri Kurniawan saat di minta keterangannya mengenai masalah ini, Minggu (24/02/19), Andri menjelaskan, masalah penanganan sampah rumah tangga dengan pasar harus di bedakan. Ada pun soal yang dikerja samakan dengan pihak ketiga setahu saya hanya sampah pasar saja, ungkapnya.

Kita ambil contoh, misalnya pasar Rengasdengklok, berdasarkan hasil pengamatan saya, dan saya pernah masuk ke area pasar setelah di kelola pihak ketiga lumayan ada perubahan yang lebih baik, dibandingkan dengan sebelum di kelola oleh pihak ketiga.
Selain itu, tambah Andri, dari sisi retribusi dalam bentuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) ada peningkatan secara signifikan, dibandingkan dengan sebelum di kelola oleh pihak ketiga. 

Silahkan tanya dan check langsung saja ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang, berapa PAD sebelum di kelola pihak ketiga, dan berapa setelah di kelola oleh pihak ketiga? Biar objektif, jelasnya.

Jadi saya pikir tidak ada yang salah kalau pengelolaan sampah pasar di kelola oleh pihak ketiga. Ya kalau pun belum teratasi secara sempurna, namanya juga sampah pasar, apa lagi pasar Rengasdengklok, operasional pasarnya saja 24 jam, tentu masalah ini belum dapat ditangani secara sempurna, tapi setidaknya dapat meminimalisir penumpukan sampah yang berdampak pencemaran pada lingkungan pasar dan penyumbatan aliran drainase, dan yang paling penting PAD juga kan meningkat, tutup Andri.(Rama)

Komentar Anda

Berita Terkini